Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Mondo Gascaro

Mantan rekan Bemby di band Sore, Mondo Gascaro, menjadi musisi berikutnya yang juga berkarir menjadi penata musik dalam sebuah film. Dengan musikalitasnya yang mumpuni, Mondo aktif membuat scoring musik untuk beberapa film di tanah air, seperti “Berbagi Suami” (2006), “Quickie Express” (2007), “Pintu Terlarang” (2008), “Arisan 2” (2011), “Hello Goodbye” (2012), hingga yang terbaru, dan akan tayang tahun 2019 ini, karya sang maestro film, Garin Nugroho berjudul “Kucumbu Tubuh Indahku” (Memories Of My Body).

Mungkin diantara Zeke dan Bemby, Mondo menjadi musisi yang terbilang paling banyak menggarap musik untuk film, hingga hal tersebut terbawa pada saat proses kreatif dia membuat album Rajakelana. Diakui olehnya jika dalam album tersebut dia ingin menghadirkan apa yang disebut dengan ‘absolute music’, atau menurut yang diistilahkan oleh Mondo dengan kalimat musik yang lebih sinematik”. Karena alasan itulah akhirnya dia memasukan dua buah lagu instrumental dalam album tersebut. Hasilnya tidak sia-sia, karena Rajakelana diganjar sebagai album terbaik tahun 2016 versi majalah Tempo.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan DCDC bersama Mondo Gascaro beberapa waktu lalu, Mondo menuturkan tentang proses dia membuat musik untuk film. Menurutnya, ada kebiasaan-kebiasaan dalam film yang secara prosedurnya melewati beberapa tahapan seperti baca skrip, syuting, lalu berlanjut pada tahapan editing, sampai akhirnya dia mendapat picture lock yang sudah tidak berubah, dan dari situ dia mulai bisa bekerja.

Sedangkan untuk karakter musiknya sendiri menurutnya tergantung dari filmnya, dan sebagai penata musik dia harus bisa mengikuti pesan filmnya. Selain itu, ditambahkan juga olehnya jika kesulitan menata musik untuk film justru bukan masalah genre atau style musik itu lagi, tapi lebih kepada masalah-masalah dalam film itu sendiri, yang memang mesti terpecahkan. Seperti misalnya film komedi yang digabungkan dengan drama. Dalam penataannya perlu ada pertimbangan-pertimbangan yang cukup problematis, dimana dia sebagai penata musik harus bisa mengkombinasikannya, karena nantinya akan berpengaruh pada nuansa dan mood film tersebut.

Selain tiga musisi ‘indie’ di atas, mungkin ada musisi lainnya juga yang kerap terlibat untuk urusan musik sebuah film. Kalau Coklatfriends tahu, tulis di kolom komentar ya!

BACA JUGA - Musisi Indie yang Menjadi Cameo Dalam Film

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner