Musisi Indie yang Menjadi Cameo Dalam Film

Musisi Indie yang Menjadi Cameo Dalam Film

Beberapa band/musisi berikut ini pernah terlibat menjadi cameo dalam beberapa film di Indonesia. Siapa saja? simak daftarnya berikut ini.

Mondo Gascaro adalah salah satu musisi yang juga bisa diidentikan dengan film. Dia telah banyak mengisi scoring musik untuk beberapa film di tanah air, seperti misalnya film-film karya Joko Anwar, dimana Mondo mengemban tugas menghidupkan cerita yang dibangun Joko dengan ilustrasi musik yang dibuatnya. Yang terbaru, Mondo bahkan menjadi music director untuk film berjudul "Kucumbu Tubuh Indahku", karya maestro film Garin Nugroho.

Jika Mondo terlibat di belakang layar untuk urusan musik di sebuah film, deretan band/musisi berikut ini pernah tampil di depan layar menjadi cameo dalam beberapa film di Indonesia.

Merunut pada penelusuran di wikipedia bahasa Indonesia, cameo adalah munculnya seseorang yang terkenal di bidang performing acts seperti teater, film, video games, dan televisi. Namun durasi selama mereka muncul tidak lama. Peran yang dimainkan pun tidak memiliki bobot besar pula, dan tidak diperlukan untuk berbicara. Biasanya kehadiran mereka turut pula menjadi nilai jual film tersebut, karena ‘nama’ yang mereka punya dikenal cukup luas di masyarakat.

Salah satu pionir band indie asal Bandung, Pas Band pernah menjadi cameo di film “Ada Apa Dengan Cinta”, dimana Pas Band yang saat itu melambung berkat hits “Kesepian Kita” yang dinyanyikan bersama Tere, membawa mereka ke dalam salah satu adegan paling memorial dalam film tersebut. Bahkan, ada satu dialog Rangga dan Cinta (dua tokoh utama dalam film itu) adu argumen soal konser Pas ini, yang mungkin masih melekat di ingatan para pecinta film "Ada Apa Dengan Cinta". “Kamu pengen nonton karena pengen nonton atau ga enak sama temen-temen kamu? Kaya ga punya kepribadian aja”. Mendengar itu, Cinta (yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) ngambek karena dibilang tidak punya kepribadian sama Rangga. Sangat memorable bagi orang yang memang tumbuh besar dengan film tersebut.

Selain Pas Band, ada beberapa band lainnya yang juga pernah ikut menjadi cameo dalam beberapa film di Indonesia, seperti misalnya Rocket Rockers yang pernah menjadi cameo dan pengisi scoring film “Cinta 24 Karat” karya Richard Buntario, pada tahun 2003 lalu. Pada tahun yang sama, sang drummer Doni memutuskan keluar dan digantikan oleh Ozom, hingga saat ini.

Dua tahun setelahnya, Hanung Bramantyo membuat film berjudul “Catatan Akhir Sekolah”. Sesuai judulnya, film ini berkisah tentang kehidupan remaja SMA dengan semua kenakalan dan cerita seru di sekolah. Kejelian Hanung menghidupkan visual yang dibuatnya, dikuatkan pula dengan para pengisi soundtrack film tersebut, seperti salah satunya band The S.I.G.I.T, yang ikut menjadi cameo dan pengisi musiknya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner