Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Bemby Gusti

Jika Zeke dikenal sebagai musisi yang identik dengan film-film ‘ajaib’ layaknya sebuah film Art House, maka musisi yang juga drummer dari band Sore, Bemby Gusti, dikenal berkat karakter musik vintage yang kadung melekat dengannya sejak dia berkarir bersama bandnya. Selain bertanggung jawab pada bangunan ritmis lagu-lagu Sore, nyatanya Bemby juga mampu menghidupkan visual sebuah film lewat musiknya.

Menariknya, film-film yang melibatkan Bemby sebagai penata musiknya, rata-rata bergenre horor, seperti misalnya film “Pengabdi Setan”, karya Joko Anwar, yang membawa Bemby beserta kedua rekannya, Aghi Narottama dan Tony Merle, mendapatkan piala citra di ajang Festival Film Indonesia 2017, untuk kategori penata musik terbaik. Satu tahun setelahnya, Bemby kembali menjadi nominator untuk kategori yang sama, lewat film “Kafir : Bersekutu Dengan Setan”, karya sutradara Azhar Kinoi Lubis.

Catatan khusus untuk film “Pengabdi Setan”. Di film itu Bemby membuat sampling beberapa bunyi yang masuk ke dalam kategori psychoacoustic, dimana hal tersebut dapat menyulut ketidaknyamanan penonton, mulai dari nada rendah piano, suara deritan pintu besi berat, alat musik gesek yang dimainkan tak bernada, hingga percakapan manusia. Instrumen tersebut jika dimainkan akan mengeluarkan suara yang dapat menarik secara paksa kondisi psikologis penonton untuk keluar dari zona nyaman dan tenggelam dalam ketakutan.

Selain itu, pada proses kreatif penataan musiknya Bemby juga menambahkan satu layer berisi infrasound, berupa gelombang suara berfrekuensi rendah di bawah 20 hertz, yang tidak bisa terdengar oleh manusia, namun bisa terasa seperti getaran rendah (humming), dan dapat ditangkap alam bawah sadar manusia. Infrasound ini sering dipakai untuk eksperimen tentang human fear & anxiety. Menariknya, semua hal tersebut dikemas dengan style musik ala horor 1980-an, sesuai arahan sang sutradara, Joko Anwar.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner