Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Tiga Musisi yang Juga Berkarir Sebagai Penata Musik Dalam Film

Zeke Khaseli

Seperti halnya dua band Zeke, LAIN dan Zeke and The Popo yang terbilang ‘ajaib’, Zeke Khaseli adalah musisi yang juga identik dengan film-film ‘ajaib’, dengan isian cerita yang multitafsir. Olah tata musik yang dia buat kebanyakan berbentuk instrumental, tanpa isian lagu yang gamblang bercerita tentang sesuatu. Misalnya saja dalam film “Fiksi”. Musik dalam film tersebut terbilang menggantung, dan seperti berisikan tingkah iseng Zeke bermain-main dengan cello, biola, serta piano, yang seperti dimainkan secara random, tanpa struktur yang 'gamblang' secara komposisi musiknya. Namun, hal itu malah bisa menangkap apa yang ingin disampaikan film tersebut, dan isian musik yang Zeke buat bisa menguatkan karakter utama dalam film itu (seorang pemain cello psikopat, yang kerap membunuh tetangga-tetangganya di sebuah rumah susun).

Film yang dimainkan oleh Ladya Cheryl sebagai tokoh utamanya ini, berhasil membawa Zeke Khaseli mendapatkan penghargaan dari Festival Film Indonesia tahun 2008, untuk kategori Penata Musik Terbaik. Lima tahun setelahnya, Zeke bersama Yudhi Arfani mendapatkan penghargaan untuk kategori yang sama di Asia Pacific Film Festival (APFF) Awards, lewat film “What They Don’t Talk About When They Talk About Love”, karya sutradara yang juga ‘membidani’ film “Fiksi”, Mouly Surya.

Selain itu, pada tahun 2016 Zeke dan Yudhi Arfani kembali mendapat apresiasi dengan masuk sebagai nominator di ajang Festival Film Indonesia tahun 2016, untuk kategori penata musik terbaik, lewat film “Nay”, karya sutradara Djenar Maesa Ayu. Hingga akhirnya Zeke dan Yudhi Arfani kembali mendapatkan piala citra di ajang Festival Film Indonesia tahun 2018, untuk film “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak”, yang juga merupakan karya sutradara Mouly Surya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner