Ritual yang

Ritual yang "Hilang"; Agustus Tanpa Keriuhan Wacken Open Air, Jerman

Mempersiapkan Kebutuhan Administratif

Ini adalah salah satu proses administrasi yang perlu dilaksanakan jauh-jauh hari sebelum berangkat ke luar negeri, utamanya ke negara-negara yang mengharuskan penyertaan visa. Ada cukup banyak dokumen yang harus dipenuhi, dan seluruh kebutuhan ini sifatnya penting, tidak formalitas dan ada kemungkinan ditolak oleh kedutaan. Untuk itu, kesiapannya harus benar-benar diperhatikan.

Dokumen yang harus disertakan ketika pengajuan visa adalah paspor, formulir permohonan aplikasi, pas foto sesuai permintaan Kedutaan Besar yang bersangkutan, surat sponsor atau surat keterangan kerja atau surat belajar, bukti keuangan selama tiga bulan terakhir dan fotokopi, fotokopi Kartu Tanda Penduduk, fotokopi Kartu Keluarga, jadwal perjalanan dan bukti pemesanan tiket.

Untuk bisa mengajukan visa, kamu harus mendaftar dan melakukan reservasi terlebih dahulu. Pendaftaran bisa dilaksanakan di situs Kedutaan Besar dari negara yang bersangkutan. Setelah dokumen dilengkapi, akan ada panggilan untuk wawancara di kantor Kedutaan Besar. Setelah diproses selama beberapa hari dan semua disetujui, kamu akan dipanggil kembali untuk mengambil visa jika visa tersebut ditempel di paspor.

Deposit Biaya di Rekening

Untuk beberapa negara, ada yang mengharuskan minimal deposit dana dalam rekening. Deposit dana ini adalah jumlah minimal uang yang harus kamu miliki. Salah satu tujuan pihak Kedutaan Besar mengharuskan hal ini adalah untuk memastikan bahwa kamu tidak akan "kesulitan hidup" selama berada di negara tujuan. Jumlah keharusan besaran uang bisa berbeda-beda, tergantung negara tujuan.

Memastikan Tempat Tinggal

Berhubung festival internasional adalah hajatan besar-besaran, memastikan di mana kamu akan tinggal selama di negara tujuan jadi penting agar tidak kehabisan tempat. Tidak jarang, rumah-rumah di sekitar area festival tersedia untuk disewakan selama festival berlangsung. Bisa juga dalam bentuk apartemen atau kamar. Pastikan tempat tinggal yang kamu pilih berjarak tidak jauh dari area festival, demi mengurangi biaya transportasi.

Menyewa tempat tinggal juga terbilang cukup mahal. Memilih sharing room bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi biaya sewa. Pastikan kamu mengecek berbagai aplikasi penyewaan tempat tinggal, jangan hanya satu aplikasi demi mendapatkan harga yang sesuai dengan kemampuan kamu.

Selain itu, ada pula festival yang menyediakan area camping untuk solusi tinggal yang lebih murah. Wacken Open Air salah satunya. Ratusan hektar digunakan untuk menjadi area camping yang harus dipesan jauh-jauh hari. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan ketersediaan dana. Kamu bisa memilih untuk menyewa area saja dan membawa perlengkapan camping secara mandiri, atau menyewa area beserta alat-alat camping dengan biaya yang lebih mahal, atau di kamar-kamar portable yang disediakan pihak festival. Pastikan juga kamu mengecek ketersediaan sumber listrik agar kamu lebih nyaman untuk berdiam di area camping.

Biaya Transportasi dan Akomodasi

Ini adalah biaya yang cenderung bisa kamu hitung sebelum berangkat. Dimulai dari tiket pesawat pulang-pergi, biaya untuk pengajuan visa, biaya sewa tempat tinggal, transportasi selama berada di negara tujuan, hingga biaya untuk hidup sehari-hari, terutama untuk konsumsi.

Bagi yang menyewa rumah atau apartemen, ada beberapa tips yang bisa membuat biaya akomodasi terasa lebih hemat. Pertama, pastikan dulu apakah negara tujuan kamu menyediakan air bersih siap minum dari kran air. Jika tersedia, maka kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli air mineral yang (percaya atau tidak) terbilang cukup mahal harganya. Kedua, manfaatkan dapur yang tersedia di tempat tinggal. Kamu bisa membawa makanan-makanan instan yang mudah diolah sehingga mengurangi pengeluaran untuk membeli makanan. Ketiga, jangan lupa membawa botol minum yang sudah terisi air agar kamu tidak perlu membeli air di area festival. Kamu tinggal mengisi ulang dengan air kran yang ada di area festival.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner