Ritual yang

Ritual yang "Hilang"; Agustus Tanpa Keriuhan Wacken Open Air, Jerman

Tiket Masuk Festival

Untuk festival-festival kaliber dunia, tiket musik festival biasanya dijual dari setahun sebelum pelaksanaan. Contohnya, untuk gelaran Wacken Open Air 2021, tiket sudah dijual sejak hari terakhir pelaksanaan Wacken Open Air 2020. Tak jarang, tiket langsung terjual habis hanya dalam hitungan jam. Jarang ditemui festival yang menjual tiket on the spot. Untuk itu, lebih baik kamu tidak nekad dan berusaha mencari tiket di tempat. Cari aman saja, beli tiket dari jauh-jauh hari secara daring dan minimalisir kemungkinan masalah selama kamu ada di area festival.

Do's and Don'ts di Area Festival

Bagian ini juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Untuk beberapa festival besar internasional, terkadang ada aturan yang tidak biasa kita temui di festival dalam negeri. Contohnya di Wacken Open Air, Jerman, pengunjung umum dilarang untuk membawa tas gendong atau ransel ke dalam area festival. Hanya tim jurnalis lah yang diperbolehkan membawa tas gendong atau ransel, itu pun dilengkapi aksesoris sebagai penanda identitas bahwa ia adalah tim dokumentasi. Biasanya, informasi mengenai apa yang boleh dan tidak dibawa ke dalam area akan tersedia di situs resmi festival. Jangan lupa untuk mengecek sebelum berangkat.

Selain berupa barang, aturan yang diberlakukan biasanya ada di urusan tata cara untuk masuk ke area festival. Jika di festival dalam negeri aturan terbilang sederhana: cukup menunjukkan tiket di gerbang masuk, ada beberapa festival internasional yang memberlakukan prosedur lebih rumit dari itu. Di Wacken Open Air, contohnya. Pengunjung harus melakukan check-in di area yang ditunjuk, bukan di gerbang masuk. Di area check-in, tiket akan ditukar menjadi gelang kain yang harus dipasang di salah satu lengan. Gelang kain itulah yang akan menjadi bukti keabsahan kamu untuk bisa masuk dan menikmati festival.

Kultur Festival

Festival kelas internasional tentunya akan diisi oleh orang-orang dari beragam belahan dunia pula. Tapi, pada akhirnya semua pengunjung festival harus tetap mengikuti kultur yang sudah dibangun di festival yang mereka sambangi. Kultur festival biasanya berkaitan erat dengan negara tempat pelaksanaan. Ada juga festival-festival yang sudah kuat dan mengakar dengan karakternya sendiri, Wacken Open Air adalah salah satunya.

Suasana brother-sisterhood di Wacken Open Air sangat kental terasa. Kenal atau tidak, kamu akan merasa akrab dengan siapapun yang duduk di sebelahmu. Selama kami berangkat ke sana, belum pernah terjadi tindak rasisme. Semua hadir dengan euforia yang sama, tidak pernah terlihat ada penonton yang berkelahi, kehilangan barang karena dicuri, kriminalitas, bahkan tak ada satu pun sampah yang berserakan. Tapi, hal ini tidak selalu terjadi di semua festival. Di Woodstock Festival, aura sex, drugs and rock n roll lah yang cenderung terasa kental. Penonton cenderung lebih individualistis dan masih ditemui sampah di beberapa area.

Di beberapa festival lain, hal-hal yang kurang menyenangkan, seperti rasisme dan pencurian barang juga masih kerap terjadi. Untuk itu, ada baiknya kamu mencari tahu dulu tentang sisi positif dan negatif dari festival yang kamu tuju dan berjaga-jaga untuk kenyamanan kamu selama jauh dari rumah. Juga, kultur festival ini perlu kamu pelajari agar kamu tidak melakukan hal-hal yang melanggar norma dan "mempermalukan" diri kamu sendiri.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner