Ritual yang

Ritual yang "Hilang"; Agustus Tanpa Keriuhan Wacken Open Air, Jerman

Selain yang bersifat teknis, ada juga beberapa hal yang lebih personal yang patut kamu perhatikan. Hal ini berkaitan langsung dengan efisiensi dan kenyamanan pribadi ketika kamu berada di luar negara Indonesia.

Kostum yang Dibawa

Kamu harus memperhatikan musim dan cuaca di negara tujuan. Untuk beberapa negara, musim panas tidak selayaknya musim panas di Indonesia; kadang masih terasa dingin seperti halnya di Wacken, Jerman. Di tahun 2017, hujan selalu mengguyur area Wacken di pagi hari selama empat hari pelaksanaan. Dampaknya adalah area Wacken Open Air penuh lumpur sehingga perlu memakai sepatu boots agar mobilitas tidak terganggu. Cuacanya juga tetap terasa dingin; 15ºC di siang hari dan 11ºC di malam hari. Informasi seputar kondisi musim dan cuaca harus kamu pastikan terlebih dahulu untuk menentukan kostum seperti apa yang harus dibawa.

Diet Makanan

Mengingat makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi, ada baiknya untuk mempersiapkan diri tidak mengkonsumsi nasi di negara-negara yang tidak terbiasa memakan nasi sebagai bahan pokok. Bagi yang merasa perlu beradaptasi, lebih baik dipersiapkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu yang lebih mudah ditemukan di negara tujuan. Misalnya, mengganti nasi dengan kentang dan mengurangi goreng-gorengan.

Perbedaan Waktu

Pernah dengar istilah jet lag? Kondisi ini biasanya dialami oleh orang-orang yang melewati perjalanan jauh dan menyeberangi beberapa zona waktu. Jet lag atau mabuk pascaterbang adalah gangguan tidur sementara, ketika tubuh kamu belum sinkron dengan waktu di negara yang kamu tuju. Rasa kelelahan, sulit berkonsentrasi, pusing atau susah makan bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu mengalami jet lag. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Dengan istirahat yang cukup saja sebenarnya kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya.

Memastikan Kondisi Kesehatan

Ingat, kamu berada jauh dari rumah. Anggap saja, tidak semua hal akan semudah biasanya. Kesehatan adalah salah satu yang harus diperhatikan dengan serius, dari sebelum kamu berangkat, selama di negara tujuan hingga kembali ke tanah air. Minum vitamin dan berolahraga jadi rutinitas penting yang harus kamu biasakan dari sebelum kamu berangkat. Juga, pastikan informasi seputar penyakit atau wabah yang sedang melanda area-area tertentu. Terutama di kondisi seperti ini, keterangan vaksinasi dan surat sehat sepertinya akan jadi kewajiban untuk kamu bisa mendatangi area-area festival di masa depan.

Ini adalah beberapa yang berhasil kami ramu untuk jadi catatan kamu jika ingin berangkat ke festival-festival internasional. Ada lagi yang ingin kamu ketahui? Beritahu kami melalui @dcdc.official!

BACA JUGA - Dinamika Dunia Musik Lokal di Semester Awal 2021 (Bagian Kedua)

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner