Perusahaan Rekaman Irama, Tongkrongannya Musisi Top Indonesia

Perusahaan Rekaman Irama, Tongkrongannya Musisi Top Indonesia

Selain rekaman milik Nick Mamahit dan Tony Koeswoyo, catatan Theodorus KS lainnya juga turut menyebutkan soal rekaman unik lain yang dihasilkan Irama melalui rekaman Oslan Husein yang membawakan lagu karya Gesang berjudul “Bengawan Solo” dengan nuansa dan irama rock ’n roll yang kental. Musik dengan aliran Latin dengan judul "Aksi Kutjing" hingga "Papaja Cha-cha-cha" yang dinyanyikan Adikarso juga melakukan rekaman serta dirilis di Irama. Seiring berjalannya waktu, perusahaan rekaman ini mampu menghasilkan penyanyi-penyanyi top Tanah Air. Tidak hanya itu, lagu karya cipat Presiden Soekarno, “Bersuka Ria” (album Mari Bersukaria dengan Irama Lenso dengan tangan Bung Karno bertanggal 14 April 1965) juga direkam Irama dan dinyanyikan oleh Bing Slamet, Titiek Puspa, Rita Zahara, dan Nien – adik Soejoso yang jatuh hati dengan teknisi studio rekaman – menikah dengan Jack Lesmana dan memiliki anak bernama Mira dan Indra Lesmana. Lagu ini, seperti ditulis Denny Sakrie (2015:68), dimaksudkan untuk menghalau budaya barat yang keras masuk ke Indonesia.

Merunut pada buku perkembangan musik 1950-an, "100 Tahun Musik Indonesia" disebutkan pada era 1950-an masyarakat Indonesia dilarang mendengarkan dan menyanyikan lagu barat. Padahal, pada masa tersebut, masyarakat Indonesia sudah mengenal dan menyukai film dari barat. Media asing yang didengarkan saat itu siaran radio ABC Australia, Hilversum Belanda, dan Voice of America (VOA). Masyarakat Indonesia juga sempat mengalami "demam" musik rock 'n' roll dan musik latin.

Melihat fenomena ini, pada 17 Agustus 1959, gencar-gencarnya gaung anti barat (termasuk seni, budaya, dan literatur) berimbas pula pada dunia musik. Dipelopori oleh Bung Besar - Presiden Soekarno mengeluarkan manifesto yang isinya tidak diperbolehkannya siaran radio RRI untuk menyiarkan musik "ngak ngik ngok" agar budaya Indonesia tidak terkikis. Berkembangnya Industri musik juga dibarengi dengan industri rekaman sebagai sarana untuk menyimpan suara maupun visual dari penyanyi.

View Comments (2)

Comments (2)

  • taromisaki
    taromisaki
    4 Sep 2019
    legend banget ya <br /> https://indonesianlanguagetranslator.com
  • TheBungsu
    TheBungsu
    4 Sep 2019
    mantaap . sukses terus
You must be logged in to comment.
Load More

spinner