Dari Iksan Skuter untuk Mahasiswa:

Dari Iksan Skuter untuk Mahasiswa: "Waspadalah, Semua Sedang Tidak Menentu"

Seniman Punya Tanggung Jawab untuk Merespon Kejadian Sekitar

Menyuarakan "suara rakyat" selalu jadi erat kaitannya dengan seorang Iksan Skuter. Menurutnya, ini memang sudah jadi tugasnya dan tugas seniman-seniman yang ada di ranah yang sama.

"Sebenarnya bukan hanya aku, ada banyak kawan-kawan seniman yang juga menyuarakan hal yang sama, seperti Sisir Tanah, Jason Ranti, Efek Rumah Kaca, Ucok (ex-Homicide). Mungkin ini memang era kita untuk menyuarakan, karena posisi kita di sini. Banyak sekali yang berkomentar: Kenapa Iwan Fals atau Slank gak bersuara? Menurutku ya karena sudah beda zaman. Mereka sudah melakukan tugasnya waktu itu. Andai kata ada yang harus dibenahi, ini jadi tugas kita, generasi-generasi sekarang, lewat berbagai karya. Aku yakin banyak sekali musisi-musisi yang cukup mampu memengaruhi kejadian gerakan mahasiswa hari ini."

Ia juga mengakui bahwa ada beberapa orang yang bertanya mengapa ia tidak ikut turun ke jalan dalam konteks sebagai musisi, buat panggung di depan kantor dewan, misalnya. "Banyak yang kirim direct message, nanya kenapa aku gak bikin panggung. Aku bingung, manggung di mana? Panggungnya di mana? Sound system-nya bagaiana? Andai kata aku bisa datang, aku pasti datang. Toh, jauh sebelum ini terjadi aku masih menyuarakan hal yang sama dengan cara dan porsiku. Tapi aku paham, mungkin itu bagian dari emosi teman-teman," kata Iksan Skuter.

Ia dan beberapa kawan musisi yang tadi disebutkan punya intensi yang sama. Ia dan lawan bicaranya, Addy Gembel sepakat bahwa musik dan perubahan sosial selalu ada keterkaitan. Sejarah selalu mencatat itu. Untuk itu, ia rasa peran seniman sangat penting untuk diikutsertakan, tentu lewat cara seorang seniman yaitu berkarya.

"Aku harap seniman-seniman ini tetap konsisten menyuarakan apa yang memang layak disuarakan. Kita sah bicara soal cinta, senja, soal apapun yang "baik-baik saja". Tapi, di sisi lain, seniman juga adalah makhluk sosial yang mempunyai tanggung jawab untuk merespon kejadian yang terjadi di sekitar kita. Tetap konsisten lah menyuarakan itu, karena tugas seniman ya membuat karya seni."

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner