DCDC Killchestra Journey - Burgerkill VS Czech Symphony Orchestra and Global Music Market

DCDC Killchestra Journey - Burgerkill VS Czech Symphony Orchestra and Global Music Market


Menyimak kisah perjalanan di hari ketiga, ketika Burgerkill dan Czech Symphony Orchestra memulai sesi rekaman.

Hari yang dinanti dalam program DCDC Killchestra akhirnya tiba. Tanggal 3 Maret 2018 merupakan jadwal Burgerkill dan komposer Alvin Witarsa merekam karya orkestra untuk enam lagu Burgerkill di Czech Radio, Praha. Český rozhlas (ČRo) adalah stasiun radio publik Republik Ceko, beroperasi sejak 18 Mei 1923 dan merupakan stasiun radio tertua ke dua di Eropa setelah BBC Inggris. Radio ini melakukan siaran pertama dari sebuah tenda pramuka di distrik Kbely, Praha dengan nama Radiožurnál, dan setelah berkali-kali pindah akhirnya menempati Gedung Poštovní nákupny, bangunan Orbis, dan bangunan Národní dům na Vinohradech. Sebuah pesan yang disiarkan di Radio Ceko tanggal 5 Mei 1945 memicu dimulainya pemberontakan Praha. Pada tahun yang sama, studio regional di kota Plzeň, České Budějovice, Hradec Králové dan Ústí nad Labem diluncurkan. Stasiun tersebut diambil alih oleh pasukan Soviet, setelah pertempuran singkat dengan warga sipil tak bersenjata, pada Agustus 1968. Penyiaran berhasil melanjutkan dari lokasi alternatif.

Pada tahun 1991, grup Czech Radio mengubah statusnya dan menjadi organisasi independen, walaupun pada tahun 2008 masih didanai publik. Sebuah tempat baru yang bersejarah untuk Czech Radio, sebuah bangunan 30 lantai di distrik Pankrác yang membutuhkan waktu 22 tahun untuk membangun dengan biaya 1,35 miliar koruna Ceko, terjual setelah frase konstruksi pada tahun 1996 karena dianggap terlalu besar untuk stasiun tersebut. Pada tahun 2002, stasiun Radio Free Europe / Radio Liberty berhenti disiarkan di Republik Ceko, dengan siaran ulang tersebut diubah sebagai Czech Radio 6 di bawah grup Czech Radio. Organisasi tersebut menandai 90 tahun keberadaannya pada tahun 2013, merayakan kesempatan tersebut dengan siaran 48 jam termasuk 90 wawancara diselingi dengan laporan berita setiap setengah jam. Acara yang berlangsung di Lapangan Wenceslas, membuat rekor nasional baru untuk siaran radio terpanjang yang tidak terputus.


Burgerkill dan Tim DCDC Killchestra di depan Czech Radio | Foto: Anggra Bagja

Manajer Czech Symphony Orchestra (ČSO), Lenka Mrazkova, mengungkapkan bahwa musik orkestra bagi Republik Ceko adalah budaya asli tanah ini, dan karenanya Czech Radio sangat mendukung keberadaan kultur orkestra negara ini. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah menyediakan studio khusus untuk rekaman orkestra yang mudah, murah, dan terjangkau untuk siapa pun yang berminat untuk rekaman di sini. Memperkuat keterangan dari Lenka, konduktor Czech Symphony Orchestra, Michaela Rózsa Růžičková mengungkapkan bahwa banyak sekali grup orkestra dan musik turunnnya di Republik Ceko dan berkembang membentuk kultur musik sendiri yang memiliki karakter khas Republik Ceko. Karakter inilah yang kemudian coba ditangkap komposer Alvin Witarsa untuk memperkuat musik orkestra Burgerkill yang ia garap.

Czech Symphony Orchestra sendiri merupakan orkestra simfoni profesional yang didirikan pada 1994 sebagai penerus dari Philharmonic Orchestra. ČSO terdiri dari musisi Ceko terbaik, yang semuanya memiliki pengalaman bertahun-tahun dengan rekaman film dan musik klasik dan pertunjukan konser. ČSO tampil dalam banyak acara besar dan penting, antara lain melakukan oratorium "Elias" oleh Felix Mendelssohn-Bartholdy, sebagai pembukaan Festival Musik Internasional "Prague Autumn", dengan para solois Opera Metropolitan, yang dilakukan oleh Isaiah Jackson dari Amerika Serikat. ČSO bersama komposer Eugene Kohn juga berkolaborasi dengan penyanyi tenor Plácido Domingo dalam konsernya di Praha. Bersama komposer Carl Orff, orkestra ini juga berpartisipasi dalam proyek megah opera udara terbuka "Carmina Burana" dan menampilkan oratorium Sergei Prokofjev "Ivan the Terrible", disutradarai oleh J. A. Zaize, di Spanyol.

Dari tahun 2011, ketika Lenka Mrazkova menjadi manajer orkestra, ČSO menjadi salah satu orkestra rekaman musik yang paling banyak dinilai dan merekam musik untuk film seperti "Lidice", "Aldabra", "The Golden Cane Warrior", "The Britts", dan masih banyak lagi. ČSO tidak segan untuk bermitra dengan rapper terkenal Amerika, will.i.am saat menggarap tata musik untuk film "I.Am.Mars: Reach for the Stars". Proyek lain yang sangat sukses adalah pertunjukan lagu-lagu rock yang terkenal, yang disusun untuk orkestra simfoni untuk band-band papan atas dunia, seperti Queen, AC/DC, Pink Floyd, Deep Purple, dan lain-lain. ČSO juga sering menggelar konser dengan tema musik terkenal. Bagaikan perpustakaan musik, ČSO juga menguasai tata musikal orkestrasi simfoni untuk film-film "Harry Potter", "The Lion King", "James Bond", "Out of Africa", "Star Wars", dan lain-lain. Tahun 2017, ČSO menggelar konser "Game Takhta" di Jerman, dan sebuah Deklarasi Film Kairo. ČSO menerima Golden Rooster Award (setara dengan Oscar di China) untuk Best Music of 2016.

Berkaitan dengan Indonesia, ČSO pernah bekerja sama dengan komposer untuk album Gita Gutawa Bab Berikutnya, arranger and orchestrator Alvin Witarsa, dan komposer Dwiki Dharmawan untuk film "Ketika Mas Gagah Pergi". Kini, tercatat ČSO kembali bekerja sama dengan komposer Alvin Witarsa untuk merekam tata musikal simfoni bagi band monster metal, Burgerkill.

COMMENTS

You must be logged in to comment.

RELATED NEWS

Website ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang berusia 18 tahun ke atas.