Song Review: “Kuning” dan Pesan Kebhinekaan

Song Review: “Kuning” dan Pesan Kebhinekaan

“Kuning” adalah salah satu single dari album Sinestesia, album ketiga milik trio pop Efek Rumah Kaca (ERK). Lagu yang menyampaikan pesan tentang keberagaman dan keberagamaan.

Berangkat dari keresahan tentang fenomena sosial yang terjadi di masyarakat kita belakangan ini, yang  sangat gampang sekali untuk dipecah belah dengan isu-isu Agama. Mungkin itu yang menjadi pemantik lagu “Kuning” ini lahir. Lagu yang mengingatkan kita agar tidak mudah terpancing oleh potlitik pecah belah, yang menggunakan isu-isu Agama sebagai tamengnya.

Efek Rumah Kaca yang dikenal sebagai band yang selalu menyuarakan kritik sosial dalam setiap karyanya. Termasuk pada lagu “Kuning” ini. Sebuah lagu yang berhasil membukakan mata kita, bahwa sejatinya dengan beragama itu harus bisa menerima keberagaman, dengan tidak menolak perbedaan. Sebagai manusia kita tidak punya kapasitas untuk menolak perbedaan, yang sejatinya Tuhan juga lah yang menciptakannya.

Bagaimana bisa kita melarang atas sesuatu yang diciptakanNya. Perbedaan itu bukan untuk dilarang atau dihilangkan, tapi harus diolah sedemikan rupa sehingga bisa terwujud suatu keharmonisan. Karena Tuhan itu bukan milik satu Agama atau golongan, tapi Tuhan itu milik siapa saja, dan apa saja yang Ia ciptakan. Dan sebagai manusia kita ditunjuk untuk menjadi pemimpin dari semua yang diciptakanNya.

Bagaimana kita bisa memimpin semua makhluk ciptaanNya, sedangkan dengan sesama manusia saja kita masih berusaha untuk saling menghilangkan. Tuhan tidak akan mendapat “laba” jika kita taat menyembahNya, dan Tuhan pun tak akan merasa “rugi” jika kita semua ingkar kepadaNya. Karena Tuhan itu Maha mempunyai segalanya. Justru kita lah yang akan rugi jika ingkar kepadaNya, tapi mungkin akan “tersenyum” , jika melihat semua makhluk-makhluk ciptaannya saling menjaga satu sama lain. Manusia menjaga keharmonisan dengan sesama manusia, menjaga kelestarian pohon, gunung, lautan, dan semua makhluk yang ada di alam semesta. 

Sumber foto: https://chordindieband.blogspot.com

BACA JUGA - Lima Lagu Cupumanik Dengan Makna Spiritualitas Mendalam

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner