Song Review : Harmonisasi Puitis Tentang Senja Dan Memoar Manis

Song Review : Harmonisasi Puitis Tentang Senja Dan Memoar Manis

Lagu ini menghadirkan memoar manis sang anak ketika mengingat ibunya yang telah tiada. Namun dikemas dengan lirik yang lebih puitis lewat jalinan metafor yang indah

Gambaran senja dalam lagu “Senandung Senja” dari Rusa Militan ini, bisa dengan jeli menangkap metafor senja ketika menghubungkan itu dengan gambaran usia seseorang. Senja bisa diartikan sebagai penghujung hari (yang dalam hal ini bisa diartikan sebagai penghujung usia, yang sudah tidak muda lagi), sebagai jembatan menuju malam yang gelap (kematian itu sendiri).

Lagu ini menghadirkan memoar manis sang anak ketika mengingat ibunya yang telah tiada. Namun dikemas dengan lirik yang lebih puitis lewat jalinan metafor yang indah, ketika musik dan liriknya mampu membuat air mata jatuh begitu saja, mengikuti dentingan gitar dan suara sang vokalis, yang sedang bersenandung dikala senja. Membuat siapapun yang mendengarnya ada dalam gambaran bertahun-tahun ke belakang, mengingat apa yang oleh orang tua lakukan sebagai bentuk cinta kepada anaknya. Selama air mata itu tidak jatuh untuk orang yang salah, maka biarkan saja itu mengalir sebagai bentuk penghormatan, untuk orang yang hanya satu level saja dibawah Tuhan.

Ada yang harus dikesampingkan dari sebuah gengsi ketika mendengarkan lagu ini, ketika isian lagunya memancing air mata untuk turun. Bagaimana mungkin lirik yang berbunyi “canda nada ceritanya tak luput dari telinga dan menggema, mengusik derai duka lara, antarku melawan lelah”, yang diteruskan dengan lirik “berpuluh kali musim lalu tak pernah terdengar keluh di bibirnya, demi harapan yang diam di tepi, hingga nafas terhitung air”, bisa tidak mengundang air mata untuk turun? Dari mulai tergambarnya masa-masa sok hebat khas anak muda, berseberangan dalam sebuah adu argumen panjang, sampai pada akhirnya tidak ada yang harus lebih dicintai selain dari orang yang membuat kita ada dan terlahir di dunia. Rusa Militan dengan lagunya Senandung Senja adalah anthem dari sebuah titik balik karena dan untuk siapa kita terlahir.

Sumber foto : Dok. Pribadi Rusa Militan

BACA JUGA - Lima Lagu Yang Cocok Yang Didengarkan Di Hari Ibu

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner