Promo Album Review: Bangkitnya Kembali Karya dari Nalar Neraka

Promo Album Review: Bangkitnya Kembali Karya dari Nalar Neraka

Selanjutnya, lagu terakhir dalam promo album Kaliyuga, “Terlaknat”. Lagu ini dibuka dengan betotan solo bass yang kuat dan lalu dihantam dengan instrumen lain yang sudah gatal menunggu giliran. Pola di lagu ini hampir sama dengan “Berhala Kelas Kuasa”, di mana Forgotten lawas terdengar sampai ¾ lagu, dan masuk ke dunia baru mereka di menit setelahnya. Tapi, porsi melodi gitar lebih panjang di sini. Lagu ini dinamis, dengan pattern yang menghipnotis siapapun untuk menganggukan kepalanya.

Tema yang diangkat di lagu ini paling berbeda dibandingkan dua lagu sebelumnya. Jika di dua lagu sebelumnya kebencian tertuju pada orang lain, di lagu ini liriknya cenderung depresif, self-destructive, dengan rasa benci yang ditujukan pada diri sendiri. Kekecewaan dan putus asa sangat kentara di tiap katanya. Seolah-olah, ini adalah lirik yang diciptakan ketika terlalu banyak kesalahan yang dilakukan, keadaan sekitar yang memeras batin, tenaga, maupun logika, dan emosi itu tumpah ruah menjelma menjadi rentetan diksi yang mencaci maki diri sendiri.

Tadinya, saya mencanangkan lagu ini sebagai favorit saya. Tetapi, ketika saya mendengar tiga materi dalam Kaliyuga belasan kali, saya urung. Predikat favorit itu saling rebut. Saya tidak bisa menentukan yang mana yang bisa saya sebut sebagai yang terbaik, karena pada akhirnya saya harus mengakui bahwa tiga lagu ini memberi warna yang berbeda dalam satu garis yang sama. Saya menaruh harapan yang sangat tinggi untuk Kaliyuga. Jika tiga materi ini adalah perwakilan dari seluruh materi yang sedang digarap Forgotten, maka sudah seharusnya album ini masuk ke jajaran album yang harus diwaspadai. Semoga, Forgotten tidak akan menemukan titik akhir dan kehabisan ide untuk meluapkan cercaan yang sebenarnya mewakili banyak suara, tetapi orang lain terlalu pengecut untuk berteriak tentang itu.

Tanpa saya sadari, review ini diunggah bersamaan dengan ulang tahun Addy Gembel. Maka, selamat ulang tahun untuk tokoh yang selalu saya kagumi. Sehat selalu, tetap kaya akan ide, dan jangan berhenti menjadi misionaris dari neraka!

BACA JUGA - Perspektif dalam Lirik (Bagian 1)

Sumber Foto: http://www.metal-archives.com/

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner