Penonjolan Karakter Musik Inovasi Baru Dari Sisi Gelap Oleh Mitosmistis

Penonjolan Karakter Musik Inovasi Baru Dari Sisi Gelap Oleh Mitosmistis

Proses garapan materinya kayak gimana sih ?

Kita sebelumnya terimakasih banget sama Google dan Yahoo karena udah ngasih referensi musik sampai kita bisa bikin musik kayak gini. Kalau dari kitanya sendiri, prosesnya cukup unik apalagi waktu ketemu sama Monodark. Awalnya yang rekomendasiin Monodark itu si Deedz, yang kita kenal di seorang basis di band Nectura. Tapi kita bukan nyari basis, tapi gitaris waktu itu dan kita pikir cobain aja dululah ajak ke studio untuk latihan. Waktu latihan dia bawa gitar 8 senar, dan menurut kita ‘gila keren banget’, akhirnya kita latihan ternyata cocok yaudah kita ajak buat gabung, akhirnya dia mau. Terus, latihan udah beres dan si Monodark bilang kalau dia punya studio yang akhirnya jadi tempat latihan rutin kita. Nah, disitu proses bikin materi kita dimulai. Awalnya Deedz ngasih materi lagu ke kita, terus di garap bareng-bareng di studio mulai dari single  “Child of Rage” sampai album yang baru kita rilis kemarin. Dan prosesnya cepat banget, seluruh track di album itu kita bikin selama dua bulan sampai jadi album. Cuma workshopnya aja agak lama, itu kita habisin waktu selama 4 bulan.

Di album ini kan kalian dirilis sama Heartless records, bukannya kalian tadi bilang nggak peduli mau laku atau nggak, yang dalam artian apapun yang kalian lakukan bergerak secara mandiri ?

Awalnya meman seperti itu, tapi kita pikir-pikir lagi nggak ada salahnya kalau kita coba tawarin ke beberapa label. Dari beberapa label yang kita tawarin, yang nyantol cuma label asal Bali itu, Heartless Records. Awal mula sebelum dirilis sama label itu, Lord kebetulan ke Bali waktu itu dan ketemu sama yang punyanya, ngobrol-ngobrol dan lain sebagainya. Baru setengah lagu didengerin sama yang punyanya, dia langsung ‘deal’ dan kata dia belum pernah denger musik kayak gini. Dan akhirnya rilisan fisik album Mitosmistis yang berbentuk CD, You Can’t Handle The Truth dirilis sama label tersebut.

Dari tadi diceritain ada segelintir orang yang suka sama musik kalian, tapi ada alasan khusus dari Mitosmistis kenapa mengeluarkan materi musik elektronik semacam ini ?

Kayak tadi sih yang kita ceritan kalau orang-orang sekarang sudah sering masuk ke klab dan telah banyak mengkonsumsi musik elektronik beraliran EDM. Kenapa nggak kita grab orang-orang itu untuk masuk ke sebuah gigs gitu. Intinya gini, kita menganggap segelintir orang tersebut terobsesi banget sama musik EDM yang mulai dipopulerkan oleh warga negara barat. Tapi kenapa nggak kita bikin yang lebih berat dari pada itu, dan ini juga serupa kayak era awal kemunculan The Prodigy pada masanya. Makanya salah satu wujud yang bisa kita kasih ya proyek ini, Mitosmistis yang memasukan segela genre musik. Dari Synth, Dubstep, sampai Hip Hop pun Shogaze pun kita masukin yang tanpa menghilangkan nuansa elektroniknya.

Ada satu perbandingan antara proyek Mitosmistis dengan proyek musik EDM yang kalian maksudkan itu ?

Perbandingannya ya bisa dilihat, mereka main musik Dj sedangkan kita formatnya band. Kalau mereka pure electronic music, kita malah ada dua yaitu elektronik dan unsur band-nya juga. Jadi ketika kita tampil dan diliat sama orang, Mitosmistis ada sisi human error-nya lah. Beda sama Dj EDM yang memang telah tertata rapi musiknya dan tinggal play aja, kita nggak gitu.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner