Masuk ke Dunia Mimpi Lewat Alunan Mengawang dari Starrducc

Masuk ke Dunia Mimpi Lewat Alunan Mengawang dari Starrducc

Sumber Foto : Diambil dari rilisan pers Starrducc

Berkat pola kreatif yang dibangun oleh Starrducc itu, akhirnya DCDC memutuskan untuk memilih Starrducc sebagai Rocka Rockie bulan Desember ini

Banyak musisi yang tergabung atau bisa dibilang frontman dalam sebuah band di Indonesia yang memiliki proyek musik sampingan. Di mana proyek itu sendiri adalah sebagai bentuk ‘alter ego’ dari si musisi tersebut, dan pastinya warna musik yang dibawa pun jauh beda. Dari banyaknya musisi yang membuat proyek baru sebagai asupan ‘alter ego’-nya, dua adik kakak yang sedang melejit dengan musik Punk Rock Classic, Cintarama Bani Satria (Tata) dan Adjie Pamungkas yang tengah bersinar bersama bandnya, The Jansen, membetuk proyek musik baru bernama Starrducc. Dan yang membuat Starrducc ‘antik’ adalah warna musik band ini jauh berbanding terbalik dari apa yang mereka bawa di The Jansen.

Garis besar warna musik Starrducc sendiri adalah pop. Namun bila dirunut lagi, bebunyian yang dibawa oleh Tata (akustik gitar), Adjie (bass), Mirakei (vocal), Andreas (elektrik gitar) dan Daniel (drum) ini diwarnai alunan dreamy, lengkap dengan pola jangly dari gitar dan drum. Sejauh ini mereka sudah menelurkan dua buah EP yaitu Starrducc dan Starrducc II.

Memang bagi saya pribadi ketika mendengar kata ‘Pop’, yang tergambar dalam pikiran adalah lirik-lirik yang ‘over fun’ atau bila lagu sedih malah terdengar ‘menye-menye’. Namun ketika mendengar karya dari Starrducc, semua gambaran itu hilang dan tak lama setiap lagunya masuk ke jajaran playlist saya – karena saya cenderung pilih-pilih ketika mendengarkan lagu-lagu band Pop.

Dimulai dari EP pertama, Starrducc, di sini lah Adjie dan Tata mulai memainkan sulapnya dalam memainkan kata-kata sederhana menjadi sajian utama, lengkap dengan musiknya yang dreamy dan jangly sebagai bumbu penyedapnya. Lantunan vocal Mirakei pun memang turut diapresiasi, terlebih ia mampu menebalkan suasana yang seakan berada di dunia mimpi lewat enam nomor lagu di dalam EP ini.

Sedikit membahas lagu di EP pertama itu, lagu “Seperti Bunga” adalah lagu yang pertama saya dengar dari Starrducc. Cukup terkejut ketika lagu ini dibuka dengan kata ‘bajingan’, dan anehnya ini menjadi kata makian yang indah yang pernah saya dengar dalam sebuah lagu. Secara lirik lagu ini cukup sederhana, di mana menceritakan seseorang yang terjebak hujan ketika di tengah perjalanan. Namun lagi-lagi Tata dan Adjie mampu mengemas kesederhanaan itu menjadi satu lagu yang sarat makna dan mengubah suasana. Malah ketika mendegarkan lagu ini saya serasa terjebak hujan di sebuah utopia yang indah.

Beralih ke EP Starrducc II, di sini nampaknya Starrducc semakin percaya diri dengan musik yang dibawanya. Terlebih lagu “Bianglala” yang menjadi nomor favorit saya, di mana lagu tersebut menggiring ‘theater of mind’ saya ke situasi serunya bermain di sebuah karnaval dan menghabiskan waktu menikmati gemerlap cahaya dari dalam bianglala. Secara isian musik memang lagu ini hadir lebih enerjik dengan harmonisasi yang ciamik setiap instrumennya, dan tak lupa bebunyian tamborin mampu menciptakan lagu ini terasa sempurna. “Diantara ribuan cahaya kota, membuatku tetap waras”  adalah penggalan lirik dalam lagu “Bianglala” dan sekali lagi kata ‘GILA’ memang pantas disematkan pada Starrducc dalam memainkan kata di setiap liriknya.

Memang semua keantikan yang dibawa oleh Starrducc tak lepas dari tangan kreatif Tata dan Adjie. Terlebih keduanya telah membuktikan kualitas merangkai kata semenjak album Banal Semakin Binal bersama The Jansen yang dipenuhi lirik ‘ajaib’. Dan keputusan yang sangat tepat memilih Mirakei sebagai vokalis, mengingat sebelumnya dalam lagu “Planetarium” ia mengisi vocal sebagai featuring dan sukses memberikan sentuhan warna baru bagi band dengan musik ‘tiga kunci’ itu.

Berkat pola kreatif yang dibangun oleh Starrducc itu, akhirnya DCDC memutuskan untuk memilih Starrducc sebagai Rocka Rockie bulan Desember ini. Semua terlihat dari bagaimana band ini mampu menyuguhkan warna pop yang lebih dinamis dan juga kualitas lirik yang jempolan menambah nilai untuk kadar Starrducc. Coklatfriends, sambut Rocka Rockie bulan Desember ini, Starrducc!!!

BACA JUGA - Defodio Sang Heavy Rock yang Membangkang!

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner