"Local Movement", Kerinduan Akan Masa Emas Skena Musik Bandung

Lagu ini bersifat personal, karena Weekend Roll sedang mengutarakan rasa kehilangannya pada pola spirit yang diusung oleh penggiat musik tahun 2000an.

Bandung adalah salah satu kota yang disebut-sebut sebagai kota penghasil musisi atau grup musik bertalenta. Kisaran tahun 1990 - 2000 adalah masa keemasan kota Bandung, ketika kala itu banyak venue yang masih mudah diakses untuk menggelar acara musik dan menjadi suntikan semangat secara tidak langsung dalam perkembangan ranah musik di dalam kotanya, bahkan sampai ke kota lain. Ternyata, ada fenomena penurunan yang terlihat jelas ketika intensitas acara musik mulai mengendur karena sulitnya perijinan di beberapa tahun setelah tahun 2000. Tentu, ada perasaan rindu untuk sebagian besar penikmat musik yang ada di peralihan zaman itu  Salah satu yang merindukan era produktivitas lebur batas itu adalah Weekend Roll, yang kemudian merangkum kerinduannya dalam lagu "Local Movement".

Weekend Roll merupakan sebuah grup musik garage rock / hard rock asal Bandung yang telah menelurkan sebuah mini album bertajuk 2.5 pada tahun 2015. Mengenai formasinya, Weekend Roll saat ini diperkuat oleh Saska (vokal & gitar), Rifaldi (bass) dan Rizky (drum). Ini adalah formasi baru, karena mereka baru saja kehilangan Eggy (ex-bassist) yang memberi pengaruh besar pada pembuatan lagu "Local Movement". Melalui lagu tersebut lah Weekend Roll menyampaikan kerinduannya terhadap skena musik Bandung zaman dahulu yang saat ini telah dirasa tidak memiliki spirit yang sama. Ada sesuatu yang memudar, bukan tentang produktivitas dari tiap proyek musik, tapi tentang keakraban dan jalinan persaudaraan. Di era awal skena musik indie Bandung hidup, satu sama lain saling mendukung dan menjadi satu langkah pergerakan.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner