Lima Zine Favorit Hernandes Saranela (Bagian Dua)

Lima Zine Favorit Hernandes Saranela (Bagian Dua)

Sumber foto: dokumentasi pribadi Hernandes Saranela

Melanjutkan daftar zine favorit dengan nilai historikal tinggi dari Hernandes Saranela yang berpengaruh besar pada perkembangan informasi pribadi tentang musik-musik ekstrim.

TERROR FANZINE (BANTEN)

Sungguh ini sesuai dengan namanya. Menjadi teror karena tulisan-tulisannya memunculkan banyak pemahaman baru. Setelah sekian banyak membaca zine-zine lokal, saya mulai memahami pattern kawan-kawan yang seringkali mengangkat isu neo-liberalisme, namun dengan bahasa yang berat membuat saya acap kali membuka kamus populer. Namun membaca Terror, saya seakan dipertanyakan tentang bagaimana kata teror yang identik dengan rasa takut seyogyanya jangan hanya berakhir dalam tataran kata. ditulis dengan bahasa lebih sederhana, saya merasa gagasan-gagasan yang besar yang biasanya dibarengi dengan pemakaian kata-kata yang sulit telah membuat jarak yang jauh dengan realita.

Terror Zine kemudian membuat saya menemukan makna dari kata teror yang sesungguhnya. ketakutan yang riil. Sebab siapa pun yang membaca akan merasa terteror dengan ide-idenya yang brilian dan jelas. di halaman-halaman lain ada beberapa interview dengan band punk dan hardcore, sehingga sangat terasa kesan zine musiknya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner