Gibson Explorer: Senjata Pamungkas Delphi Dongker di setiap Aksinya

Gibson Explorer: Senjata Pamungkas Delphi Dongker di setiap Aksinya

Sumber foto : Diambil dari dokumentasi Dongker

Karakter gahar dan kebutuhan sound yang hi gain dari pickup humbucker Gibson Explorer sangat diandalkan Delphi di banyak lagu-lagu Dongker dalam setiap panggungnya

Meski punk telah populer dengan isian dan gaya permainan gitar yang tak terlalu njelimet, raungan distorsi dari sound yang dihasilkan musik-musik punk, tetap menaruh perhatian para penggemar musik dan memunculkan rasa penasaran akan alat musik atau gear apa saja yang digunakan band-band musik keras ini. Kali ini DCDC rubrik Ultimate Gear akan mengulas senjata apa yang menjadi andalan seorang punggawa dari band punk Dongker, yaitu Delphi yang kami wawancarai di saat persiapan sebelum syuting DCDC D’PODCAST.

Delphi memulai bermain instrumen musik dengan mempelajari Piano, setelah pada akhirnya memulai belajar gitar dengan jalur private yang digurui langsung oleh teman ibunya, saat SD dan berlanjut pada masa SMA. Berawal dari mempelajari cara bermain gitar secara bertahap seperti pada umumnya mulai dari fingering sampai dengan progresi chord, ditambah lagi dengan menggali skill secara mandiri atau otodidak dan memperluas referensi musiknya hingga pada akhirnya Delphi menguasai instrumen gitar yang memegang peranan kunci dalam format band, terutama di musik punk.

Kembali ke pokok bahasan tentang gitar yang menemani perjalanan bermusik seorang Delphi. Gitar pertama yang ia miliki sekaligus digunakan olehnya saat mulai ngeband ialah gitar lancip LTD by ESP dengan tipe MT130 saat semasa mulai ngeband memainkan musik-musik seperti metalcore, post hardcore, hingga hardcore sebelum era Delphi sekarang bersama Dongker yang mulai ia bentuk semasa duduk di bangku kuliah.

Sementara untuk saat ini, ketika ditanya langsung di sela-sela waktu sebelum take DCDC D’PODCAST tentang karakter suara atau sound gitar seperti apa yang ingin dikejar Delphi untuk musik-musik Dongker, ia pun berbicara bahwa di awal-awal EP pertama dan kedua Dongker, karakter dari sound gitarnya agak condong ke punk era awal seperti salah satunya band-band layaknya Ramones yang kental akan suara crunch hingga overdrive yang cukup tinggi.

Pertama, Gibson explorer adalah senjata utama yang digunakan Delphi bersama Dongker. Sebenarnya Delphi selalu membawa dua gitar ketika manggung, dan gitar dari Danelectro menjadi gitar keduanya yang hanya dimainkan pada saat penampilan Dongker tertentu seperti sesi unplug, penampilan akustik dan sebagainya, atau di beberapa bagian lagu-lagu dongker yang apabila membutuhkan karakter suara clean. Sementara itu, karakter gahar dan kebutuhan sound yang hi gain dari pickup humbucker Gibson Explorer sangat diandalkan Delphi di banyak lagu-lagu Dongker dalam setiap panggungnya.

Sumber foto : Reverb.com

Untuk mendukung sound yang sesuai dengan karakter musik Dongker terutama saat live, Delphi pun mengandalkan salah satu pedal overdrive dari MXR yang menjadi kuciannya. Lalu beberapa pedal lainnya yang juga turut menunjang dan menjadi andalan seorang Delphi di setiap penampilannya, diantaranya ada analog delay carbon copy MXR, Decimator noise reduction dan tentunya pedal tuner.

Sumber foto : Sweelee.co.id

Sumber foto : Musicstore.de

Sumber foto : Boxguitar.com

Beberapa pedal lainnya pun menyusul seiring dengan perkembangan bermusik Delphi untuk Dongker, terutama untuk menunjang kebutuhan sound gitar saat Dongker manggung. Seperti pedal reverb dan pedal harmoniser yang akhirnya berjejer di pedalboard seorang Delphi. Dan yang terakhir salah satu pedal yang kini ia andalkan untuk setiap panggung Dongker ialah pedal Amp simulator dari Nux yang membantu kepraktisan dan konsistensi sound gitar Delphi dari panggung ke panggung, sehingga dongker saat ini sudah tidak menggunakan backline panggung yang biasanya telah disediakan.

Sumber foto : Reverb.com

Di akhir perbincangan pun ketika ditanya ke 'bman' nya soal gear terutama gitar, sejauh ini Delphi pun masih sangat nyaman dengan Gibson Explorer yang menjadi andalannya. Selain cocok dengan karakter yang ia jalankan bersama Dongker, ia pun telah merasa klop dengan gitar ini dan dirasa belum menemukan lagi gitar yang akan cocok dengan permainannya. Namun Delphi pun menyebut dua gear yang telah menjadi incarannya, pertama ialah pedal digital multi efek Line 6 Helix dan kedua, menggunakan perangkat wireless sebagai pengganti kabel jack yang akan mendukung kepraktisan di setiap penampilannya bersama Dongker.

Sumber foto : Line6.com

BACA JUGA - Alat Tempur untuk Bermusik dan Recording Mulai dari Rumah

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner