Alat Tempur untuk Bermusik dan Recording Mulai dari Rumah

Alat Tempur untuk Bermusik dan Recording Mulai dari Rumah

Sumber foto : Diambil dari Pexels.com Blaz Erzetic

Beberapa piranti di bawah ini setidaknya dapat dijadikan acuan dalam menentukan pilihan yang sudah sangat layak untuk mulai diajak tempur bermain musik ataupun meramu karya

Di tengah arus serba-serbi pesatnya perkembangan teknologi di segala bidang, perkembangan piranti yang mendukung para pelaku musik saat ini juga semakin dimudahkan dengan berbagai pilihan yang dapat disesuaikan. Jika dahulu alat-alat rekaman untuk membuat musik itu cukup langka untuk ditemui, serta harganya yang cukup sulit dijangkau. 

Di era secanggih sekarang, perangkat audio yang mendukung para pelaku musik cukup mudah ditemui beredar di pasaran, bervariasi dengan berbagai tipe dan merek, mulai dari merek terkenal hingga merek baru yang sudah cukup meyakinkan untuk memulai recording, bahkan dengan harga yang cukup ramah di kantong, sehingga dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Menggaris bawahi tentang merek, budget dan soal kebutuhan, rasanya memang selalu menjadi hal yang cukup penting dalam menentukan pilihan, bahkan terkadang menjadi persoalan yang cukup membuat kita dilema. Soal merek memang idealnya akan berbanding lurus dengan produk yang dijanjikan serta kualitas yang dihasilkan, tak hanya itu jaminan mutu suatu produk dari merek terkenal juga dapat diyakinkan dari seberapa banyak pengguna dari produk merek tersebut.

Setelah merk tentu kita akan menyesuaikan kebutuhan, kebutuhan disini menyinggung soal alat seperti apa yang benar-benar kita butuhkan sehingga sesuai dengan output yang telah direncanakan. Suatu produk perangkat audio dari beragam merek dan tipe akan menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi yang dimiliki di produk tersebut. Ambil contoh misalnya dalam soundcard, dari berbagai merek dan tipe produk yang tersedia bisa diperhatikan berapa input dan output apa saja yang kita dapat, serta fitur audio apa saja yang akan mendukung kebutuhan.

Dari dua faktor penentu tadi, terakhir ialah mengenai budget. Faktor pamungkas ini memang cukup krusial terutama bagi siapapun yang baru akan memulai bermain musik dari ruang pribadinya dan hanya memiliki budget terbatas, biasanya ini sering terjadi pada teman-teman pelajar maupun mahasiswa, atau bahkan yang hanya berpenghasilan mengandalkan upah di bawah UMR hehe.

Perspektif pribadi mengenai budget, menurut hemat saya soal mahal dan murah itu kan relatif tergantung produk incaran dan kapasitas isi dompet. Akan tetapi, bukankah untuk segala sesuatu yang akan kita tuju dapat kita rencanakan dengan matang, selama niat kita kuat dan konsisten saving money untuk mencapai barang yang kita inginkan, tentu persoalan budget ini akan terasa lebih ringan.

Bagi teman-teman yang sedang struggle dan cukup bingung dalam menentukan alat-alat recording bagaimana untuk memulai bermain musik dan merekamnya di kamar pribadi. Beberapa piranti dibawah ini setidaknya dapat dijadikan acuan dalam menentukan pilihan yang sudah sangat layak untuk mulai diajak tempur bermain musik ataupun meramu karya.

Komputer PC / Laptop

Komputer di sini memegang peranan untuk menjalankan operasi sistem di software baik itu DAW (Digital Work Audio) ataupun software effect untuk instrumen maupun vokal, kalian bisa menggunakan komputer ataupun laptop milik pribadi dengan spesifikasi umumnya memiliki memori atau RAM yang terpasang minimal 4gb, semakin tinggi spek komputer tentunya akan semakin memadai. 

Software DAW (Digital Work Audio) untuk merekam audio seperti yang telah umum digunakan antara lain ada, Pro Tools, Cubase, Audacity, Garageband dan Logic Pro bisa kalian gunakan baik itu software yang berbayar atau yang gratis, balik lagi tergantung budget yang kalian sediakan. Sementara itu untuk permulaan, software effect untuk instrumen seperti simulasi ampli untuk gitar kalian bisa pilih dari mulai yang berbayar seperti Guitar Rig dan Amplitube, atau pun yang gratis seperti Blue Cat Free Pack.

Sound Card Eksternal Audio Interface

Sound card eksternal berfungsi untuk menghubungkan instrumen ke komputer , sound card memegang peranan sebagai piranti yang utama. Banyak beredar di pasaran soundcard dengan berbagai merek dan harga yang bervariatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ada dua rekomendasi sound card dengan harga yang cukup ramah di kantong antara lain dari merek dolphin dengan tipe DS Orca MK2 dan dari merek M-Audio dengan tipe M-Track Solo ataupun M-Track Duo yang harganya tak cukup jauh.

Instrumen

Instrumen-instrumen musik untuk recording seperti Gitar Elektrik, Midi Controller ataupun Microphone kalian bisa menentukan pilihan yang paling utama dulu, contoh gitar. Untuk gitar, teman-teman dapat menentukan pilihan pada gitar elektrik original dari merek-merek seperti Squier, Epiphone, Ibanez dan lain-lain. Tergantung selera dan menyesuaikan karakteristik sound seperti apa yang ingin digunakan.

Sedangkan untuk Midi Controller kalian bisa menentukan pilihan dari merek-merek yang saat ini ada di pasaran dengan harga yang cukup worth it dari merek seperti Alesis. M-Audio, Nektar, Midiplus. Dari merek-merek tersebut bisa kalian pertimbangkan mengenai fitur, build quality, serta kelebihan dan kekurangan.

Lalu Microphone untuk merekam suara vocal, dua jenis microphone seperti Mic Dynamic ataupun Mic Condenser XLR bisa menjadi pilihan dari merek-merek yang beredar dipasaran dengan harga ratusan ribu. Kalian bisa beli di toko online dengan tentu sebelumnya menyimak review-review di kanal YouTube terlebih dahulu, ataupun langsung mengunjungi toko audio dan alat musik di kota kalian.

Selain instrumen, perkabelan instrumen juga pastinya sangat dibutuhkan. Kalian bisa pilih kabel dengan merek tertentu yang beredar di pasaran ataupun memilih kabel custom seperti produk dari SBP Custom Shop. Kembali lagi sesuai kebutuhan dan isi saku kalian hehe.

 

Speaker dan Headphone

Peranan speaker ataupun Headphone adalah untuk mendengarkan output yang telah diproses hasil dari instrumen yang telah dikembangkan di software. Kalian bisa gunakan speaker desktop di kamar ataupun headset ponsel untuk monitor ketika sedang merekam atau pun memainkan instrumen, apabila ingin lebih proper seperti untuk kebutuhan profesional, kalian bisa gunakan speaker monitor yang biasa digunakan audio engineer ataupun headphone professional yang memiliki detail suara yang sangat baik.

Dari beberapa pilihan perangkat tadi di atas yang akan menjadi alat tempur teman-teman untuk bermain musik ataupun meramu musik, rasanya memang tidak berlebihan untuk spend money ke alat-alat musik ataupun piranti audio yang akan mendukung kita berkegiatan dan produktif di dunia musik, entah itu hanya sekedar hobi ataupun kedepannya mengarah untuk menjadi seorang musisi atau profesional di bidang recording.

BACA JUGA - Media Pemutar Musik dari Masa ke Masa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner