Bicara tentang Kompetisi Kaliber Dunia; Wacken Metal Battle Indonesia

Bicara tentang Kompetisi Kaliber Dunia; Wacken Metal Battle Indonesia

Kesempatan mendobrak sekat dengan ranah musik global kembali terbuka. W:O:A Metal Battle Indonesia 2019 hadir untuk kembali memfasilitasi band-band ekstrim Indonesia membukakan mata dunia tentang potensi yang ada di tanah air.

Untuk yang ketiga kalinya, gelaran W:O:A Metal Battle Indonesia (WMBI) kembali terselenggara. Di tahun 2019 ini, pihak Wacken Open Air kembali membuka kesempatan untuk satu perwakilan dari Indonesia dengan agenda "pertempuran" di skala internasional. W:O:A Metal Battle Indonesia sudah terselenggara sejak tahun 2017, hasil kerja sama antara DjarumCoklatDotCom (DCDC), ATAP Promotions dan The Metal Rebel.

Sedikit pemaparan tentang W:O:A Metal Battle, ini adalah sebuah kompetisi yang merupakan bagian dari program yang diadakan oleh Wacken Open Air, Jerman. Diselenggarakannya W:O:A Metal Battle bertujuan untuk memberikan kesempatan pada band-band beraliran musik ekstrim dari seluruh belahan dunia untuk dapat tampil di salah satu festival heavy metal terbesar di dunia. Tujuan yang lebih penting adalah untuk membukakan kesempatan bagi band-band Metal Battle dapat dilirik oleh banyak pihak di industri musik dunia. Untuk itulah, Wacken Open Air juga mengundang berbagai pihak agensi, label rekaman, hingga jurnalis internasional, dengan harapan seluruh band Metal Battle bisa mendapatkan kesempatan yang sama di perputaran musik ekstrim global.

W:O:A Metal Battle kemudian diboyong ke Indonesia oleh beberapa pihak dalam komunitas musik Indonesia, yaitu Eben (Burgerkill) dan Man (Jasad), melalui John Resborn (The Metal Rebel) sebagai middle-man antara Indonesia dan pihak Wacken Open Air. Ide ini kemudian disambut baik oleh DjarumCoklatDotCom (DCDC), hingga akhirnya 2017 menjadi kali pertama Indonesia ambil bagian secara resmi di kompetisi skala internasional. Di tahun pertama, 238 band dari 59 kota di seluruh Indonesia berkontribusi di ajang ini. Sementara di tahun 2018, kandidat mengalami peningkatan, yaitu menyentuh angka 322 band dari 72 kota dari seluruh Indonesia.

Berturut-turut, Beside (Bandung) dan Down For Life (Solo) menjadi dua nama yang berangkat atas nama perwakilan dari Indonesia. Meski keduanya belum berhasil mendapatkan posisi lima besar di kompetisi kelas internasional tersebut, Indonesia mulai mendapatkan sorotan lebih dari berbagai pihak di industri musik dunia. Setidaknya, satu bagian ingatan mereka mulai dicuri, bahwa ada sesuatu yang potensial yang bisa mereka dapatkan di negeri ini.

Di tahun 2019, Indonesia kembali ditunjuk oleh pihak Wacken Open Air untuk mengirimkan perwakilannya di ajang W:O:A Metal Battle. Artinya, tahun ini akan kembali hadir satu band Indonesia di panggung Wacken Open Air, Jerman. Band ini akan bertempur dengan 29 band dari negara-negara yang juga sudah secara resmi diberi kesempatan untuk kembali mengirimkan kandidat terbaiknya. Pihak Wacken Open Air memang menerapkan sistem rolling untuk kompetisi ini, dengan tujuan agar setiap negara mendapatkan kesempatan yang merata. Tahun ini, mereka membuka kesempatan untuk 30 negara, termasuk Indonesia, dan "mengistirahatkan" 14 negara untuk dipersilakan kembali bertarung di tahun berikutnya.

Tahapan yang akan dilaksanakan seluruh band dengan aliran musik ekstrim yang mendaftarkan diri di WMBI 2019 tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mereka diwajibkan untuk mendaftarkan diri secara online di situs www.djarumcoklat.com, dengan mengisi formulir, mengunggah tiga buah lagu andalan dan mengirimkan rilisan fisik mereka sebagai bahan penilaian juri. Dari total pendaftar, akan disaring menjadi 30 besar kemudian 10 besar. Finalis yang berhasil menembus 10 besar lah yang berhak tampil di panggung final, dengan kata lain mereka tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan tiket menuju Jerman.

View Comments (1)

Comments (1)

  • Noname02
    Noname02
    2 Feb 2019
    Min kos sudah di kirim email lagunya masih tetep pending?
You must be logged in to comment.
Load More

spinner