Banyak Kejutan Tercipta, “DCDC SHOUTOUT! DAY” Bandung Sukses Digelar

Banyak Kejutan Tercipta, “DCDC SHOUTOUT! DAY” Bandung Sukses Digelar

Sumber Foto : Rafli F & Agung Rainda

Segala karya yang tersaji di "DCDC SHOUTOUT! DAY" ini tentunya menjadi hajat besar bagi band-band yang kekurangan ruang berekspresi. Dan bukan hanya itu, band-band ini pun pastinya mendapatkan pengalaman berharga yang mewarnai perjalanan karir setiap band

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 18 November 2023, "DCDC SHOUTOUT! DAY" sukses digelar dengan Bandung sebagai titik pertama perhelatan ini. Di acara ini, DCDC menghadirkan band-band yang sudah terdaftar di satu wadah bernama Shoutout, sebagai ruang yang menampung segala pola kreasi dari band-band yang bisa dibilang baru dan ingin menampilkan karyanya.

Berlangsung di Kantinnasion The Panasdalam, "DCDC SHOUTOUT! DAY" kali ini menghadirkan lima band Shoutout yang berbasis di Bandung, diantaranya SUR!, Kalamasa, Colorblind, Art of Ruin, dan Twelve of Accident. Semua band itu difasilitasi oleh DCDC agar mereka lebih leluasa dalam menampilkan karya-karyanya secara langsung.

Acara ini sendiri dimulai dengan simulasi checksound dan workshop tentang tata kelola suara, yang dibagikan secara langsung oleh Tommy Dusx, selaku sound engineer yang sudah malang melintang di kancah musik bawah tanah dengan banyak band. Di sesi ini Tommy banyak membagikan ilmunya di dunia teknisi suara, mulai dari pemilihan gear yang tepat, cara merawat piranti yang menunjang kualitas suara, cara mengatasi segala masalah yang berhubungan dengan suara dan lain-lain. Setelah semua ilmu dibagikan secara teori, para band kemudian mengaplikasikan secara langsung saat soundcheck yang didampingi langsung oleh Tommy Dusx.

Setelah serangkaian panjang yang dilakukan saat soundcheck, Twelve of Accident menjadi penampil pembuka gelaran "DCDC SHOUTOUT! DAY". Band ini mampu menampilkan kualitasnya dengan karyanya yang gahar, lengkap dengan segala bebunyian sangar bertempo 'ngebut'. Twelve of Accident sukses memberikan penampilan terbaiknya dan mampu menaikkan adrenalin band-band yang akan tampil selanjutnya.

 

Pasca Twelve of Accident menunjukkan aksinya, giliran Colorblind yang menyuguhkan karya di atas stage. Membawa materi musik Hardcore, band ini tampil dengan percaya diri dengan skill yang dikuasai tiap personilnya. Meski terdapat kendala ketika pertunjukkan berlangsung, namun band ini nampaknya punya etika profesionalitas dengan melanjutkan penampilannya hingga selesai.

 

Setelah dua band tampil, acara dilanjutkan dengan sharing session dari Agung (Burgerkill) dan Addy Gembel (Forgotten). Dalam sesi ini semua band yang tampil di acara ini sangat antusias segala ilmu yang dibagikan dua 'sepuh' yang sudah merasakan asam garam dunia permusikan. Tak hanya sharing session, Agung (Burgerkill) turut mengajak para gitaris setiap band untuk melakukan jamming session. Di mana ini adalah momen spesial bagi para gitaris yang bisa tampil bareng Agung.

 

Selanjutnya giliran Art of Ruin yang memamerkan karyanya. Sesuai dengan nama bandnya, Art of Ruin tampil dengan penuh amarah lewat musik Metal yang dibawanya. Adrenalin yang disuguhkan band ini memang bukan main. Distorsi dari gitar, diperkuat dengan hentakan drum, kemudian dipadukan dengan sound bass yang kelam, dan vokal marah tanpa kompromi, bersatu padan menjadi harmonisasi metal yang ikonik dari Art of Ruin.

 

Setelah penampilan dari Art of Ruin, SUR! dipersilahkan memasuki stage. Dengan musik yang dominan ke arah grunge, band ini memiliki act stage seru yang ditampilkan oleh sang vokalis. Tak tanggung-tanggung, mereka menggunakan tiga gitar dalam penampilannya, dan sukses menebalkan warna musik yang dibawa oleh SUR!

 

Memasuki penghujung acara, KALAMESA tampil sebagai penutup gelaran "DCDC SHOUTOUT! DAY". Uniknya band ini adalah satu-satunya band Shoutout yang tampil dengan vokalis wanita di acara ini. Dengan musiknya yang penuh warna dan beberapa perkawinan genre, namun tetap dihiasi bebunyian distorsi, KALAMESA sukses menutup gelaran ini dengan penampilannya.

Segala karya yang tersaji di "DCDC SHOUTOUT! DAY" ini tentunya menjadi hajat besar bagi band-band yang kekurangan ruang berekspresi. Dan bukan hanya itu, band-band ini pun pastinya mendapatkan pengalaman berharga yang mewarnai perjalanan karir setiap band.

Bagi band-band yang ingin mempunyai pengalaman seperti di atas, kalian tinggal daftarkan band kalian ke DCDC Shoutout! Dan bagi yang sudah terdaftar, nantikan gelaran "DCDC SHOUTOUT! DAY" selanjutnya.

BACA JUGA - “DCDC Rebel Meet Rebel” Sukses Digelar, Rentetan Distorsi Tersaji Liar!

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner