Asep Balon, Rapper Pinggiran Menantang Zaman

Asep Balon, Rapper Pinggiran Menantang Zaman

Ia adalah seorang pemuda misterius yang selalu bersembunyi di balik topeng, berasal dari Majalaya, Kabupaten Bandung. Pertama kali hadir di jagat maya Twitter dengan nama Info Capruk alias Asep Balon. Akun tersebut berisi banyolan khas orang Sunda dan perlahan mampu meraih banyak pengikut.

Karya pertamanya berawal dari iseng, di tahun 2015 ketika dia diminta ucapan selamat ulang tahun dari Dadang Konelo yang juga mempunyai akun Twitter serupa. Asep Balon mengucapkan ucapan selamat dengan bernyanyi bergaya rap. Tak disangka, karya tersebut mendapatkan respon dan apresiasi dari para pengikutnya. Dirasa mendapatkan respon positif, maka dimulailah kreativitas baru Asep Balon sebagai penyanyi rap yang berekplorasi dengan lirik berbahasa Sunda.

Ia mengaku mengenal hip-hop sejak SMP, ketika kakaknya kerap mendengarkan lagu-lagu Eminem. Karya pertama yang dihasilkan berjudul "Fotobaper" sekaligus menjadi titik tolak Asep Balon serius menggeluti karir sebagai penyanyi rap. Proses kreatifnya berlanjut dengan dirilisnya beberapa single, masih dalam bahasa sunda. Pemilihan bahasa Sunda kasar seolah menjadi ciri khas karya Asep Balon.

Lagu-lagu yang dirilis secara mandiri dan disebar melalui aplikasi digital inilah yang pada akhirnya mengangkat nama Asep Balon mulai tercatat di skena hip-hop nasional. Tema lirik yang akrab terjadi di keseharian dan penggunaan bahasa Sunda yang sederhana pada akhirnya menjadikan setiap karyanya banyak disukai. Selain aktif bersolo karir, dia juga terlibat kolaborasi dengan beberapa rapper.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner