A Page About: Melayang Jauh, Terbang Bebas, Seringan Awan

A Page About: Melayang Jauh, Terbang Bebas, Seringan Awan

Ini adalah salah satu lagu dari HMGNC dengan kadar earworm yang paling tinggi.

 

Cuaca dingin pagi menyapa selepas hujan, menghampiri bersamaan dengan dimulainya dentingan piano down tempo. Vokal wanita anggun dan manja mendadak menghangatkan suasana, dengan bayangan penari khayangan bergerak bebas di angkasa luas. Nuansa itu menyeruak seketika ketika lagu "Seringan Awan" diputar. Lagu ini milik sebuah band pop-elektronik asal kota Bandung, HMGNC (dulu Homogenic). Lagu ini terdapat pada album ketiga yang bertajuk Let A Thousand Flowers Bloom (2010/FFWD Records).

Saya bukan seorang penikmat pop-elektronik garis keras, tapi karya HMGNC selalu menarik perhatian saya. Sejak pertama kali saya mendengarkan lagu "Seringan Awan", saya langsung mengidap stuck song syndrome, atau fenomena dari terperangkapnya bagian musik yang dimainkan secara berulang oleh otak meskipun lagu tersebut tak sedang dimainkan. Bagian-bagian tertentu pada lagu sangat susah untuk ditolak. Denting piano dengan suara anggun Manda menjadi racun yang terus-menerus berbisik di telinga, merasuki seluruh sisi otak. Sejak saya dihipnotis untuk mendadak suka lagu ini, saya berusaha mencari informasi lebih, hingga akhirnya saya menemukan juga video klipnya. Tentu, hal itu pun tak mungkin saya lewatkan.

Karena sudah ada citra yang terpatri dalam benak saya, tentu ada bayangan dari visualisasi "Seringan Awan" sebelum benar-benar menyaksikannya, dan diam-diam saya berharap jika imajinasi saya sesuai dengan apa yang HMGNC tuangkan. Benar saja, visualnya menarik dan HMGNC memperlihatkan bahwa mereka bukan sekadar band yang telah berumur, tapi band yang juga mencurahkan totalitasnya dalam berkarya. Dalam video klipnya, Manda (vokal) muncul dalam siluet, mengenakan dress cantik sembari berlenggak-lenggok dengan jari dan tubuhnya. Selanjutnya, dengan Dina (synth/prog) dan Dhea (synth/prog) muncul. Ketika beat mulai cepat, suara Manda beradu indah dengan musiknya. Menuju bagian tengah, ada beberapa scene yang menampilkan kepiawaian teknik editing. Untuk kisaran tahun 2010, video klip ini sangat futuristik.

“Seringan Awan” bercerita tentang gejolak percintaan, ketika mereka dengan sukarela masuk dalam dunia penuh rasa dan dibawa terbang melayang karenanya. Walau masih dalam ruang lingkup tema yang banyak diangkat oleh musisi, entah mengapa lagu ini selalu berhasil mengundang saya menikmati dengan khusyuk atau bahkan diputar berulang-ulang. Mungkin, ini adalah lagu favorit saya dari HMGNC.

Foto diambil dari rilisan pers HMGNC.

BACA JUGA - A Page About: Lagu Pengantar Kematian dari Efek Rumah Kaca

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner