51 Tahun Kurt Cobain dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Musik Grunge Tanah Air Saat Ini

51 Tahun Kurt Cobain dan Pengaruhnya Pada Perkembangan Musik Grunge Tanah Air Saat Ini

Tepat pada tanggal 20 Februari, 51 tahun yang lalu sosok fenomenal ini lahir. Album Nevermind sukses mengantarkan Kurt Cobain pada puncak kariernya sebagai musisi. Dan merubah status Cobain menjadi selebriti internasional, sebuah status yang disandangnya dengan berat hati.

Kepopuleran Nirvana tidak dipungkuri sangat berpengaruh juga pada perkembangan Industri musik Grunge/Alternative Rock di Indonesia pada medio 90an hingga awal 2000an. Pasca melejitnya Nirvana, secara otomatis band-band asal Seatle lainnya pun ikut menjadi incaran banyak penggila musik Grunge/Alternative Rock, termasuk di indonesia.

Seiring dengan fenomena itu pula, sedikit banyaknya bermunculan band-band mainstream yang  memilih roots musik dari kota Seattle sana sebagai pakemnya. Seperti Plastik, Bunga, Ahmad Band, Padi, dan lainya, untuk kemudian diracik sedemikian rupa tanpa meninggalkan roots nya, agar masuk ke telinga para penikmat musik di negeri ini. Dan alhasil racikannya sempurna, lagu-lagunya pun dapat diterima di telinga para penikmat musik di indonesia. Dan sukses menjadikan karakter yang kuat pada band-band mereka masing-masing.

Lalu bagaimana pengaruhnya di masa sekarang, masih adakah band-band yang masih konsisten dengan roots Grunge atau Alternative Rock?. Dan ternyata pengaruhnya masih kuat sampai sekarang. Terbukti dengan banyak band-band yang masih eksis di era milenial dengan gempuran banyak bermunculannya berbagai genre-genre baru. Lihat saja band-band seperti Navicula, Cupumanik, Freak, Nicfit, Konspirasi, Daily Feedback, Toilet Sound, dan masih banyak yang lainnya yang masih tetep ‘keukeuh’ menggenggam roots ini lewat berbagai jalur, ada yang lewat di jalur mainstream atau pun sidestrream.

Tak bisa dipungkiri kalau band-band yang disebutkan diatas pun pasti sempat terpengaruh, atau bersentuhan langsung dengan Kurt Cobain. Dan sudah pasti band-band yang saat ini masih keukeuh memegang roots Grunge atau Alternative mempunyai basis masa yang notabene termasuk ke dalam generasi mileneal, yang mungkin sebelumnya belum pernah menyimak atau bersentuhan dengan Kurt Cobain dan Grunge akan segera mulai menggali lebih dalam tentang akar dimana musik ini bermuara. Dan itu adalah titik awal dimana tongkat estafet ini akan terus berpindah dari generasi ke generasi.

Sumber foto : KpanLagi.com

BACA JUGA - A Page About: Fanny Fakhrizaly dan Bayang-Bayang Kurt Cobain

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner