Video Music Review : Gambaran Dua Karakter Mengintimidasi Lewat Suguhan Lagu Mencekam

Video Music Review : Gambaran Dua Karakter Mengintimidasi Lewat Suguhan Lagu Mencekam

Dalam vidio klip ini Doomnation seakan memberikan intimidasi bunyi dalam bentuk visual. Beberapa penggambaran, yang secara teknis cukup memberi kesan “mencekam”, dengan paduan warna hitam putih, serta warna merah yang menyala. 

Doomnation, sebuah band yang berada di bawah naungan label asal Bandung, Omegawave Records meluncurkan vidio klip yang berjudul “Purge”, sesuai dengan tajuk mini album dari band ini yang juga berjudul Purge. "Purge" sendiri merupakan judul lagu di track terakhir di mini album ini. Lagu itu coba divisualkan ke dalam bentuk klip, dengan penggambaran dari dua orang yang berbeda karakter sedang bertikai. Ada karakter yang digambarkan sedang bermain catur, yang bisa disimbolkan sebagai "Oknum Pemangku Kekuasaan", atau sebagai sosok dengan strata tertinggi dalam suatu jajaran pemerintahan, yang dimana dalam pengambilan keputusan seorang pemimpin ini selalu dipengaruhi bayang-bayang dari tokoh sentral. Anggap saja bahwa tokoh sentral ini mempunyai andil untuk menjadikan karakter tersebut seorang pemimpin dalam suatu rezim. Sehingga, dalam pengambilan keputusan pemimpin tersebut terkadang tidak mewaliki kepentingan rakyatnya, melainkan hanya kepentingan golongan tertentu saja.

Lalu, ada juga karakter berikutnya yaitu “Sang Penjagal” dimana karakter tersebut mempunyai sifat sadis dan selalu berada dalam berbagai situasi. “Sang Penjagal” yang digambarkan sebagai gerakan pemberontakan itu, lahir di saat situasi bangsa yang sangat tidak diperhatikan oleh “Oknum Pemangku Kekuasaan”. Maka, dengan kata lain kediktatoran karakter pemangku kekusaan tersebut yang melatarbelakangi lahirnya pergerakan pemberontakan untuk melakukan “Pembersihan” (Purge).

Selain penjelasan tentang dua karakter dalam video klip tersebut, dalam vidio klip ini juga Doomnation seakan memberikan intimidasi bunyi dalam bentuk visual. Beberapa penggambaran, yang secara teknis cukup memberi kesan “mencekam”, dengan paduan warna hitam putih dengan gradasi abu-abu, serta warna merah menyala, yang saling bergantian ketika dua karakter yang disebutkan di atas hadir dengan porsi masing-masing, dengan persona yang kuat.

Klip ini digarap oleh H-DOC, dengan proses pengerjaan yang memakan waktu kurang lebih dua bulan. Vidio klip yang juga menjadi video klip kedua dari Doomnation ini dirilis pada awal September 2017. Selang beberapa bulan pasca perilisan perdananya, tema semacam ini akan selalu relevan jika dihubungkan dengan kondisi sosial politik di tanah air, atau dimanapun. Mengingat, hal-hal yang berhubungan dengan intrik kekuasaan teah bergulir dari ratusan tahun lalu. Seperti sebuah Yin Yang, dimana satu hal kontradiktif selalu memainkan perannya bersebelahan, dan silih berganti menjadi dua sisi mata pisau.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner