Tips Terbaik Dalam Berburu Kesempurnaan Gitar

Tips Terbaik Dalam Berburu Kesempurnaan Gitar

Faktanya, sedikit orang yang bisa masuk ke toko gitar dengan ‘lancar’ – meraih gitar impiannya seharga ribuan dollar. Bagaimana dengan kita, para gitaris pemula?

Saat mulai bisa main gitar, kita pun ingin makin serius menekuni alat musik ini. Kita pun berencana berburu gitar. Kebingungan muncul, sebab kita belum tahu persis gitar yang kita perlukan. Toko hanya dipenuhi jajaran merk dan model semata. Belum lagi faktor utama: harga.

Memilih selalu membingungkan, karena menjadi subjektif itu sulit. Berikut beberapa panduan kala membeli gitar. Semoga dapat menunjang proses bermusik kamu.

1. Abaikan dulu nama-nama merk

Sepintas poin ini akan bertentangan dengan intuisi kita. Banyak orang yang jelas-jelas melabuhkan pilihan pada Gibson, Fender, atau Martin – karena merk-merk ini dilabeli “the best”. Namun jangan pula lupa, bahwa nyatanya semua brand gitar memasarkan diri sedemikian rupa, agar masyarakat ‘bangga’ telah membeli ‘nama besar’ – gengsi. Belum lagi ketika kita tahu, bahwa di dalam merk-merk tersebut pun masih ada kelas-kelas harga untuk beberapa edisi (berdasarkan negara produsennya).

Sekarang, mari kita coba untuk tidak mensortir gitar buruan berdasarkan nama besar merknya – sebagaimana sering terjadi semenjak kita kecil. Cobalah untuk mencari merk-merk yang kamu belum pernah dengar sama sekali sebelumnya. Riset semacam ini berguna untuk mencari gitar berdasarkan karakter sound dan harga yang pas bagi dompet kita.

Merk-merk gitar yang kita idam-idamkan sejak kecil, belumlah tentu merk gitar terbaik; yang artinya sesuai dengan ‘rasa’ dan perkembangan kita dalam bergitar. Meski pada akhirnya, merk-merk ‘awam’ yang kamu temui itu, belakangan diketahui bahwa mereka tetaplah termasuk jajaran gitar bermerk, setidaknya kamu sudah tahu pentingnya riset.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner