Suara Tiba-tiba Fals Ketika Bernyanyi? Inilah Beberapa Tips untuk Menjaga Kualitas Suaramu!

Suara Tiba-tiba Fals Ketika Bernyanyi? Inilah Beberapa Tips untuk Menjaga Kualitas Suaramu!

Melakukan Pemanasan

Memiliki suara bagus dan merdu akan sia-sia ketika kita memaksakan bernyanyi dengan sirkulasi pernafasan yang buruk, yang mana hal tersebut akan menyebabkan kualitas suara akan terganggu. Cara mengatasinya adalah melakukan pemanasan sebelum bernyanyi. Salah satu cara paling sederhana untuk melakukan pemanasan adalah mengatur ritme nafas agar nafas yang dikeluarkan teratur ketika bernyanyi. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pemanasan dengan cara menyanyikan not-not sederhana demi mempersiapkan pita suaramu.

Perhatikan Makanan

Makanan yang disantap sebelum bernyanyi sangatlah berpengaruh terhadap kualitas suara. Bukan berarti sebelum bernyanyi tidak boleh mengkonsumsi apapun, karena bila kita bernyanyi dalam keadaan perut kosong juga akan menurunkan performa selama bernyanyi. Tapi, ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari karena berpengaruh pada kondisi pita suara, seperti makanan yang berminyak atau minuman-minuman dingin. Ketimbang mengkonsumsi makanan dan minuman tadi, disarankan untuk memakan buah-buahan seperti apel atau mengkonsumi sup hangat yang mampu menghidrasi pita suara.

Hindari Kopi

Ternyata, kopi juga bukan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum bernyanyi. Alasannya adalah kopi ternyata bisa membuat suara kita menjadi serak dan tentunya akan mengganggu performa kita saat bernyanyi. Air mineral masih menjadi jawaban paling tepat. Selain mudah untuk ditemukan, air mineral memiliki manfaat yang tak main-main guna mendukung kualitas suaramu di atas panggung. Air mineral harus diminum sebelum bernyanyi, di antara jeda lagu, dan setelah bernyanyi.

Berlatih Vokal

Tentu, berlatih vokal adalah hal yang harus dilakukan. Ini adalah hal yang mesti kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum hari pertunjukan, dalam jarak waktu yang rutin tapi tidak terlalu sering. Terlalu intens berlatih juga bisa membuat pita suaramu "kelelahan" dan berujung pada suara yang serak atau bahkan habis. Untuk latihan sebelum naik panggung, kamu harus membuat pita suaramu rileks dan nyaman. Latihan dasar seperti bersenandung, bersiul dan olah vokal dapat membuat pita suara tetap lentur dan tidak kaku.

Itulah beberapa tips agar kualitas suara terjaga sebelum bernyanyi. Bagi Coklatfriends yang memiliki tips lain, silahkan tulis di kolom komentar!

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/id.wikihow.com/Mempersiapkan-Diri-untuk-Bernyanyi%3famp=1
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3983757/5-tips-jaga-suara-tetap-bugar-bagi-kamu-yang-hobi-nyanyi-dan-karaoke
https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/lifestyle/read/2010/11/23/11400225/lifestylefitnes

BACA JUGA - Bahas Macam Warna Suara: White, Pink, Brown dan Blue Noise

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner