Rilisan Fisik Pita Kaset: Hobi-Hobi, Pundi-Pundi

Rilisan Fisik Pita Kaset: Hobi-Hobi, Pundi-Pundi

Masih soal rilisan fisik musik "bawah tanah", Hendro ditanya tanggapannya tentang perkembangan memproduksi saat ini. "Sebetulnya, single dan mini album di era '80an sudah ada. Sebelum materi siap dibikin album, mereka siapin bikin single atau EP. Strategi promosi band-band baru, dan itu bagus. Dulu, biasanya band-band itu buat tiga sampai empat lagu. Jalur promosinya ya ke radio. Sekarang, mediumnya banyak," seru pria berambut gondrong ini.

Setelah 33 tahun menggeluti dunia rilisan fisik pita kaset, beragam tantangan dialami, dari sulitnya mencari rilisan pita kaset atau kendala teknis lainnya. Diakui juga oleh Hendro bahwa ia pernah merasa jenuh, dan solusinya yaitu jalan-jalan ke luar kota. "Kayak ke Yogyakarta atau Jakarta, silaturahmi ke jejaring kolektor item rilisan fisik di sana juga. Surabaya, Malang dan Bali juga banyak (kolektornya). Tapi, ujung-ujungnya biasanya malah digging atau hunting lagi. Seninya di situ, sih," terang pria berumur 47 tahun ini, sambil merujuk beberapa daerah di luar kota yang menjadi destinasi para kolektor untuk berburu rilisan, seperti Jatinegara di Jakarta, Beringharjo di Yogyakarta, Malang, daerah Gubeng dan tempat terbaru bernama Delta di Surabaya.


Beberapa koleksi favorit dari Hendro 'GS2C' | Foto: Franco Londah

Soal tantangan, sebenarnya hal tersebut datang dari para kolektor rilisan fisik sendiri. Menurut Hendro, hal ini kadang jadi persaingan. "Nah... Tantangannya ya itu, datang dari sesama kolektor. Semacam bersaing satu sama lain. Misalnya, kita cari barang terus kolektor lain yang dapat duluan. Itu tuh rasanya gimana gitu. Tapi, bersaing dalam arti positif ya."

Hendro pun memiliki barang buruan yang akhirnya menjadi pencapaian terbaiknya bergelut di dunia rilisan fisik, salah satu pita kaset kebanggaannya. "Album pita paling sulit dan berkesan itu Megadeth, album pertama. 'Killing Is My Business... And Business Is Good' itu dapatnya di eBay. Boleh dikatakan, itu album paling langka," ujar Hendro.

Selain menjadi hobi, rilisan fisik musik—apapun bentuknya—bisa menghasilkan. Hobi-hobi penghasil pundi-pundi. Dengan kondisi yang baik dan terawat, nilai otentik dari barang tersebut dapat melambung tinggi jika bertemu dengan "pemburu"nya. Coklatfriends, sudah tertarik untuk memulai mengkoleksi?

BACA JUGA - 33 Tahun Jajan Rock, Tak Pernah Kusut Pita Kaset

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner