Review DVD:

Review DVD: "Blasting Europe, Tour Documentary & Live at Wacken 2015" - Burgerkill

Sebagai sebuah film yang menyertakan pertunjukan panggung secara langsung, Burgerkill layak diacungi jempol. Kecuali gambar video yang mengalami proses penyuntingan, suara audio selama pertunjukan nyaris tidak mengalami proses penyuntingan. Suara yang dihasilkan terdengar begitu alami dan berkesan "kasar", sebagaimana layaknya audio konser. Jika penonton jeli, ada beberapa kesalahan kecil yang dilakukan player ketika memainkan beberapa lagu. Itulah menariknya sebuah video konser yang direkam secara langsung.

DVD ini memiliki kualitas gambar video dan suara audio yang baik. Artinya, proyek ini digarap dengan cukup serius dan tentu saja mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, untuk bisa mendapatkan rekaman resmi dari pihak promotor dalam hal ini Wacken Open Air tentu saja butuh proses yang rumit dan tidak murah. Namun, satu hal yang disayangkan justru ketika mereka tampil di Bloodstock Open Air, Inggris. Proses tersebut hanya menjadi cuplikan di akhir film. Rasanya, akan lebih terasa lengkap jika kisah konser mereka selama di Inggris ikut diangkat juga, karena jelas tertera judul "Blasting Europe".

Untuk sebuah film dokumenter yang menceritakan kisah perjalanan konser band metal, film ini saya anggap masih terlalu "sopan". Apalagi, konser yang mereka gelar berada di benua Eropa, sebuah daratan yang merepresentasikan nilai-nilai kebebasan individu. Kalian jangan berharap akan menemukan adegan-adegan yang selama ini mewakili semangat kebebasan di musik metal. Kalian tentu paham alasannya mengapa, hanya saja seolah film dokumenter ini kehilangan salah satu ruh dalam musik metal itu sendiri.

Dengan durasi kurang lebih delapan puluh menit, film ini mengajarkan kita banyak hal. Konsistensi, loyalitas, persaudaraan, dan kerjasama adalah benang merah yang bisa kita tarik untuk dijadikan pelajaran. Untuk saat ini, mungkin hanya Burgerkill yang sangat sadar akan pentingnya sebuah pendokumentasian. Harapannya, tentu kita semua bisa belajar dari apa yang sudah mereka lakukan.

Burgerkill, anjing edan! \m/

BACA JUGA - Pemutaran Perdana Film Dokumenter “Burgerkill – Blasting Europe”

Foto diambil dari Instagram Burgerkill

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner