Reportase : WMBI 2017 Mengukir Sejarah Perkembangan Ranah Musik Underground Tanah Air (Bagian 1)

Reportase : WMBI 2017 Mengukir Sejarah Perkembangan Ranah Musik Underground Tanah Air (Bagian 1)

Sebagai band yang cukup berpengalaman dalam menekuni ranah musik independen, Koil juga hadir sebagai kandidat WMBI 2017 kala itu. Masih seperti pada penampilan Koil biasanya, grup musik industrial asal Bandung tersebut mengenakan pakaian serba hitam yang cukup mewah namun tidak sebanding dengan penampilannya. Penampilan Koil pada kala itu tidak buruk, namun sound yang dihasilkan kurang terdengar khsususnya pada vokal dan instrument gitar serta bass yang terlalu mengaung. Walau demikian, penampilan Koil masih cukup diantusias oleh para pengunjung yang datang sekaligus bernostalgia akan penampilannya. Serupa dengan Hellcrust, Koil juga mengucapkan beberapa kata sambutan untuk para juri WMBI 2017 yang dibumbui dengan guyonan segar berupa suap untuk para juri disela pergantian lagunya. Usai Koil, kini saatnya penampilan Nectura sebagai band ketiga yang akan melanjutkan kemeriahaan ‘Final Show WMBI 2017’.

Sebelum penampilan dari Nectura, sang Mc kembali hadir menceritakan mengenai profil singkat dari Nectura dan Trojan. Tak lama, usai penampilan dari Koil beberapa teknisi dari Nectura naik keatas panggung untuk memasang alat yang selanjutnya diikuti oleh para personil Nectura yang naik panggung WMBI 2017 untuk bersiap memulai penampilannya. Musikalitas yang dihadirkan Nectura pada performanya, beberapa diantaranya masih memiliki nuansa beatdown Hardcore dan Heavy Metal yang kental. Nuansa musik yang cukup panas dari Necutura kala itu, perlahan menjadi ajakan bagi para metalhead untuk melakukan aksi gilanya yang kala itu berdiri di garda depan barricade sambil sing a long. Melihat suasana semakin panas oleh crowd metalhead kala itu sebanding dengan teriknya matahari, namun hal tersebut bukan menjadi kenadala bagi Nectura yang tetap suguhkan penampilan maksimal, terlebih saat ini Nectura telah memilki Abah Andris yang merupakan mantan penggebuk drum dari Burgerkill. Tanpa terasa penampilan Nectura harus usai, dan kini saatnya Mc kembali menampakan dirinya dengan meneriakan grup Trojan untuk hadir di stage ‘Final Show WMBI 2017’.

Tak lama setelah penampilan dari Nectura, Mc Addy Gembel langsung memanggil nama Trojan sebagai kandidat WMBI 2017 yang akan menggantikan penampilan setelah Nectura . Di penampilannya, nunasa musik Djent Metal berbalut dengan tajamnya Death Metal, tanpa sungkan diberikan oleh Trojan pada metalhead kota kembang kala itu. Beberapa alunan perih menikam dari Trojan juga cukup membius kala itu, walau mungkin nama Trojan belum terlalu dikenal khususnya dikalangan metalhead kota kembang, grup ini cukup berpotensi untuk disimak. Apresiasi dari para metalhead kota kembang pada saat penampilannya, menjadi semangat api bagi Trojan terlebih mereka berasal jauh dari Bali. Tanpa terasa penampilan Trojan harus berakhir, dan para personilnya satu persatu meninggalkan panggung menuju ke Backstage. Kini saatnya penampilan selanjutnya akan dilakukan oleh New Day Is Over.

Inilah kandidat WMBI 2017 asal Banjarbaru yang satu-satunya memiliki vokalis wanita, New Day Is Over. Walau memiliki vokalis wanita, performa New Day Is Over tak kalah menarik dengan band metal vokalis pria lainnya. Karakter musik cadas dengan tempo cepat ala Thrash Metal bercampur ketukan HC Punk, sangat terasa pada performa New Day Is Over waktu itu. Beberapa diantaranya juga terdapat dentuman beat berbalut riff yang melodius dengan sangat lantangnya diteriakan olehv vokalis New Day Is Over. Bersamaan kala performanya yang kala itu langit mulai mendung, seakan tak mematahkan semangat bagi metalhead kota kembang dalam membentuk circle pit dalam tajuk ‘Final Show WMBI 2017’. Penampilan dari New Day Is Over pun tanpa terasa telah selesai, dan kini metalhead menanti penampilan dari Gerram.

 

 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner