Refleksi

Refleksi "Besok Kita Mati" Dari Band Besok Bubar

Lewat single "Besok Kita Mati", Band grunge asal ibu kota ini ajak pendengarnya untuk siapkan kuda-kuda untuk hadapi ganasnya kehidupan.

Di tengah keadaan negara yang makin hari makin carut marut, kolektif grunge  asal ibu kota ini mengajak kita untuk mempersiapkan diri, guna menghadapi keadaan negara yang mungkin akan lebih kejam di masa mendatang. Di lagu berjudul "Besok Kita Mati" ini, mereka ingin menyampaikan pesan bahwa musuh bagi kita semua bukan hanya sistem pemerintahan di negara kita saja yang tidak adil, dengan pola yang selalu tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Tapi ada yang lebih besar daripada itu, yaitu diri kita sendiri yang selalu tunduk dan patuh pada ketidak adilan ini.

Karena kita selalu terbuai dengan solusi-solusi yang ditawarkan oleh penguasa, padahal pada kenyataannya itu semua hanya basa-basi belaka. Segala macam solusi yang selau ditawarkan oleh penguasa itu, adalah cara baru untuk melakukan bentuk ketidak adilan yang baru. Jadi mau sampai kapan kita tertipu oleh janji manis para penguasa, yang sejatinya mereka (para penguasa) adalah tameng dari para pemegang kendali.

Lagu ini mengajak kita untuk menggali lebih dalam lagi tentang siapa sebenarnya pemegang kendali di negara ini. Agar kita tahu seberapa besar kekuatan mereka, sehingga kita bisa mempersiapkan kekuatan untuk mengusir mereka dari tanah air tercinta kita ini.

Karena jika tidak dipersiapkan dari sekarang, maka kita tidak akan pernah bisa melahirkan generasi baru yang masih menjaga kewarasannya. Sebab apa?. Karena kalau kita tidak melawan, maka besok kita mati.

Sumber foto:  https://www.djarumcoklat.com

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner