PPKM (Tidak) Bisa Batasi Musik

PPKM (Tidak) Bisa Batasi Musik

Akhirnya sampailah kita pada bulan Agustus di tahun 2021. Bulan di mana seharusnya semua orang tenggelam dalam euforia perayaan kemerdekaan. Namun semenjak pandemi melanda, bulan Agustus di Indonesia seolah tidak bisa dimaknai sebagai bulan perayaan kebebasan. Kebebasan yang seharusnya bisa dimaknai dalam berbagai perspektif. Dampak yang paling terasa di bulan Agustus ini tentu saja yang biasanya dijadikan sebagai ajang perayaan kemerdekaan sudah dua tahun berlalu sama sekali hilang. Momen yang biasanya dimanfaatkan berbagai lapisan masyarakat untuk melebur dan menjalin silaturahmi dalam berbagai bentuk perayaan.   

Dalam tema besar bulan Agustus ini, DCDC mencoba mengangkat tema “music for freedom” yang berkaitan dengan hari kemerdekaan. Sebuah situasi yang sebetulnya paradoks, di mana seharusnya kita bisa merayakan kebebasan, namun yang terjadi justru banyak sekali pembatasan. Berbagai kebijakan terkait dengan respon terhadap pandemi Covid-19 terus dijalankan dengan berbagai istilah yang membingungkan, yang tujuannya sama saja: membatasi ruang gerak sosial dan ekonomi. Salah satu yang masih belum bisa diberi ruang kebebasan tentu saja panggung musik.

Sudah hampir dua tahun semua aktivitas yang berhubungan dengan panggung dan festival musik masih dilarang untuk diselenggarakan. Namun, di tengah segala keterbatasan tersebut tidak lantas membuat grup musik, musisi dan orang-orang yang bergelut di industri musik kehilangan kreativitas.

Berbagai cara ditempuh agar eksistensi dan bisnis yang dijalankan bisa tetap bertahan di tengah segala bentuk aturan pembatasan. Perkembangan teknologi informasi di bidang komunikasi digital berhasil dimanfaatkan dengan maksimal. Solusi terhadap berbagai pembatasan panggung offline berhasil dijawab dengan pemanfaatan secara maksimal melalui saluran-saluran media digital. Panggung-panggung virtual digelar dan jasa penjualan secara daring menjadi sebuah solusi di tengah situasi sulit ini. Intinya, tidak ada yang mampu membatasi semangat kreativitas dan ekspresi dalam berkarya di bidang musik.

Bulan Agustus 2021, DCDC akan hadir dengan semangat baru sebagai bentuk perayaan terhadap kebebasan. Ada beberapa rubrik menarik yang akan hadir setiap minggu dengan informasi seputar dunia musik dan industri yang menyertainya. Kami berharap dengan semangat baru di bulan Agustus 2021 ini kita semua bisa bersama membangun optimisme dan harapan-harapan baru. Kami akan selalu menunggu karya-karya musik baru dari para musisi dan grup musik untuk kami sebar sebagai virus informasi yang bisa membahagiakan di masa yang sulit ini.

BACA JUGA - Jangan Mimpi untuk Panggung Musik di 2021!

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner