Perbedaan antara Piano, Keyboard, Synthesizer dan Organ

Perbedaan antara Piano, Keyboard, Synthesizer dan Organ

By : D. Bramtyo

Apa yang anda tahu tentang piano, keyboard, synthesizer dan organ? Apakah piano sama dengan keyboard? Apakah keyboard sama dengan synthesizer? Atau organ sama dengan keyboard? Mungkin kita  orang awam akan bingung ketika melihat benda yang mempunyai tuts hitam dan putih, atau mungkin menganggap semua alat musik di atas ini sama saja? Padahal sebenarnya alat musik di atas itu sangatlah berbeda. Dari mulai cara memainkan, cara kerja serta fungsi yang terdapat dari setiap bagian alat musik tersebut sangatlah berbeda.  Lalu, bagaimana kita mengetahui  perbedaan antara piano, keyboard, synthesizer dan organ ?

Untuk mengetahui perbedaan antara piano, keyboard, synthesizer dan organ, coklatfriends hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk menyimak pengertian di bawah ini !

Alat Musik Piano adalah sebuah instrument akustik yang dapat berfungsi  tanpa membutuhkan aliran listrik. Sedangkan hasil bunyi dari alat musik piano di dapatkan oleh martil yang bekerja  memukul bagian dawai, serta ruang yang membentuk badan piano menjadi bagian dari bunyi yang dihasilkan.

Alat Musik Keyboard adalah alat musik elektrik yang membutuhkan aliran listrik untuk memainkannya. Alat musik keyboard merupakan alat musik yang bisa dimainkan sendiri atau bisa di sebut solo. Seperti hal nya anda bisa memasukan file midi dan dengan mudahnya anda bisa mengiringi lagu – lagu tersebut. Untuk memasukan lagu tersebut, hanya perlu memasukan dengan disket maupun flashdisk. Tergantung dari karakteristik keyboard yang anda punya.

Alat Musik Synthesizer mempunyai tampilan yang tidak berbeda jauh dengan alat musik keyboard. Walaupun synthesizer dan keyboard mempunyai kesamaan yang hampir mirip, tapi mereka mempunyai merk dan tipe yang berbeda. Bisa dibilang alat musik synthesizer lebih unggul daripada alat musik keyboard. Kenapa? Karena alat musik synthesizer mempunyai kelebihan yang tidak bisa dimiliki oleh alat musik keyboard, salah satunya adalah sound bank. Soundbank adalah file yang bisa menghasilkan efek suara (Sound effect) yang lebih segar (fresh) untuk kita gunakan dalam mengisi sebuah instrument. Sedangkan alat musik organ?

Alat Musik Organ juga bisa dibilang sama kembarnya dengan alat musik keyboard dan alat musik synthesizer, yang membutuhkan aliran listrik untuk memainkannya. Organ mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan upright piano, yang mempunyai ukuran besar dan tidak mudah dibawa seperti alat musik keyboard. Organ mempunyai dua tuts papan keyboard, yang berletak di bagian atas dan yang lainnya berada di bagian bawah. Untuk posisi tangan kanan anda harus menggunakan tuts keyboard bagian atas dan untuk posisi tangan kiri, kita gunakan tuts keyboard bagian bawah. Selain dua papan tuts keyboard, alat musik organ juga mempunyai satu oktaf key bagian bawah dekat kaki. Key ini dimainkan oleh kaki sebagai bass dari instrument dua tuts keyboard coklatfriends.

Sudah mulai tambah terbuka lagi  pengetahuannya? sudah tahu perbedaan antara piano, keyboard, synthesizer dan organ ? Jika sudah tahu, saatnya sekarang belajar untuk memilih alat musik mana yang lebih cocok untuk dipelajari dan dimainkan. Apa mungkin alat musik lainnya? seperti piano, gitar, biola, drum atau harmonika? Pesan kami, jangan terlalu dipaksakan untuk memilih alat musik yang akan dimainkan, ikuti saja skill dan kemampuan yang dimiliki atau yang lebih mungkin lagi…Ternyata coklatfriends cocoknya di seni rupa? Atau tata boga? Atau menjadi Polisi? TNI? Security? Hahaha… Bebaskan pilihanm,u coklatfriends, yang penting LOE GUE FRIENDS!

Sumber : anakmusik.com

Foto : istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner