Peran komunitas Dalam Keberlangsungan Ranah Musik Independen (Bagian Pertama)

Peran komunitas Dalam Keberlangsungan Ranah Musik Independen (Bagian Pertama)

Dalam perjalanannya, skena indie tidak bisa lepas dari peran komunitas, dengan menjamurnya komunitas di berbagai kota, dari bermacam latar belakang di dalamnya. Terbukti telah memperpanjang keberlangsungan hidup scene indie itu sendiri.

Komunitas adalah sebuah kelompok sosial yang lahir dan tumbuh,atas dasar ketertarikan yang sama kepada suatu hal. Komunitas yang akar katanya berasal dari bahasa Latin “communitas”, yang berarti "kesamaan”. Merujuk dari asal kata itu pula, hampir semua komunitas, yang lahir dan tumbuh diberbagai penjuru dunia itu, didasari karena mempunyai kesukaan yang sama terhadap sesuatu.

Begitu pula dengan Indonesia, beragam komunitas yang ada di Indonesia pun dilatar belakangi karena mempunyai kesukaan yang sama akan suatu hal. Misal, orang-orang yang mempunyai kesukaan akan dunia otomotif, maka akan membuat komunitas yang didasari karena kesukaanya pada dunia otomotif, dan itu bisa lebih mengerucut lagi. Semisal orang yang mepunyai ketertarikan akan dunia otomotif, dan menyukai kesukaan khusus kepada sebuah merk kendaraan tertentu, itu juga bisa jadi pemicu akan lahirnya komunitas baru, yang lebih mengerucut, berisi orang-orang dengan kesukaannya terhadap merk kendaraan tertentu.

Tapi itu pula tidak cukup, orang-orang yang mempunyai ketertarikan akan suatu merk kendaraan, akan lebih mengerucut lagi, karena setiap produsen kendaraan, tidak mungkin hanya melahirkan satu tipe saja untuk merk kendaraannya tersebut. Nah tidak menutup kemungkinan juga orang-orang yang menyukai type kendaraan tertentu, akan membuat komunitas yang berlandaskan akan kesukaannya terhadap suat tipe kendaraan tertentu.

Begitu pula dalam dunia musik, banyaknya jenis dan aliran musik, akan sangat berpotensi melahirkan banyak komunitas, dengan latar belakang kesukaan mereka terhadap jenis, atau aliran musik tertentu. Lihat saja di sekitar kita banyak orang-orang yang berkumpul menjadi sebuah komunitas dengan latar belakang kesukaannya pada genre musik tertentu. Bahkan di sebuah kota bisa ada puluhan komunitas, dengan berbagai macam latar belakang, ada komunitas penggemar musik metal, hardcore atau musik cadas lainnya, yang tergabung dalam satu komunitas. Dapat dijumpai pula di sekitar kita, orang-orang yang mempunyai kesukaan akan musik Jazz, Blues, Rock & Roll, Grunge, Post rock atau berbagai genre lainnya, yang kemudian tergabung dalam sebuah komunitas sesuai dengan kesukaannya masing-masing.

Berangkat dari sana juga lah kemudian lahir banyak band-band, yang lalu menjadi besar dan dikenal oleh banyak orang, hingga mempunyai Fanbase yang cukup besar pula, dan dari fanbase itu pula lahirlah komunitas baru, yang mempunyai kesukaan sama terhadap sebuah band, yang mereka idolakan. Dan tidak menutup kemugkinan dari sekelompok orang yang mengidolakan satu band itu, akan menumbuhkan embrio band baru, yang dikemudian hari mungkin akan mempunyai fanbase besar pula. Sebuah mata rantai yang tak akan pernah putus.

Bersambung.....

Sumber foto: infobdg.com

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner