Neurotic Sama Dengan Jones, Jones Sama Dengan Neurotic

Neurotic Sama Dengan Jones, Jones Sama Dengan Neurotic

By: Karel

Neurotic adalah band yang didirikan oleh Jonathan Mono (Jones) pada tahun 2012 di Indonesia. Jones, sebagai penyanyi, penulis lagu, produser, dan multi-instrumentalist adalah satu-satunya personil resmi Neurotic dan bertanggung jawab atas arah musikal dari Neurotic. Musiknya sendiri terpengaruh oleh berbagai macam genre seperti rock, pop, electronic music, dan synth pop. Dalam proses kreatif dan penampilan di atas panggung, Jones selalu mengikutsertakan teman-teman musisinya, sehingga konsep ini sering juga disebut sebagai “Parade Musisi”.

Pre-Neurotic:

"A Very Long Weekend" dan "#PEMUDAINDONESIA" (2011-2012)

Pada penghujung tahun 2011, Jones yang lebih dikenal sebagai pemain bass grup band Alexa, memberanikan diri untuk merekam lagu-lagu yang ditulisnya menjadi sebuah mini album berjudul "A Very Long Weekend". Dalam produksi mini album tersebut, Jones memainkan seluruh instrumen, bernyanyi dan memproduseri sendiri karya-karyanya tersebut. Hasilnya single dari "A Very Long Weekend" yang berjudul "Tidur" bertahan lama di chart radio-radio nasional dengan hanya mengandalkan sistem download gratis dan promosi personal oleh Jones melalui media sosial. Hasilnya adalah album tersebut terunduh hingga mencapai setengah juta download dan Jones mulai mendapatkan antusiasme atas aksinya sebagai penyanyi dan musisi multi-instrumentalis baik dari masyarakat maupun kalangan musisi.

Hal ini dipertegas lagi sekitar Oktober 2011 dimana Jones mengundang rekan-rekan musisinya untuk membuat sebuah web series di kanal YouTube bertajuk "#PEMUDAINDONESIA" yang isinya, selain menampilkan dokumentasi mengenai gerakan Sumpah Pemuda versi masa kini, juga menampilkan tampilan live band fiktif dari Jones dan rekan-rekan musisinya membawakan dua buah lagu dari album "A Very Long Weekend". Aksi Jones sebagai frontman dalam web series "#PEMUDAINDONESIA" semakin mencuri perhatian publik dan tanpa sadar pada saat itulah embrio format live band terbentuk. Namun pada saat itu Jones masih tergabung sebagai personil grup band Alexa yang didirikan olehnya pada tahun 2007, sehingga prioritas Jones masih untuk Alexa.

Neurotic dan Album Pertama "Weird" (2012-2015)

Pada bulan Oktober 2012, Alexa secara resmi memberhentikan Jones sebagai pemain bassnya. Dengan didorong oleh keinginan yang masih besar untuk berkarya, Jones memberanikan diri untuk membentuk sebuah band yang kemudian diberi nama "Neurotic" untuk membawakan karya-karyanya dan juga mengambil keputusan ekstrim untuk menjadi frontman dari grup tersebut. Ternyata hal ini kembali mendapat respon yang cukup baik. Bermodalkan materi "A Very Long Weekend" dan juga cover version dari band-band yang disukai Jones, Neurotic mulai tampil dihadapan publik di penghujung 2012 sampai awal tahun 2013.

Pada tahun 2013 Jones mengundang teman-teman musisinya untuk bergabung dengan Neurotic, diantaranya Satriyo dan Adityar Andra pada gitar, Byanos pada bass, dan Eno Gitara pada drum. Selain itu mulai bulan Maret 2013 Jones juga mempersiapkan album perdana yang diproduseri oleh Widi Puradiredja yang dikenal sebagai drummer/musical leader dari Maliq & D’Essentials dan Hendra Jaya Putera yang dikenal sebagai otak dari Rock N' Roll Mafia. Produksi album band RNRM yang berjudul "Prodigal" menjadi alasan utama Jones memilih duo musisi jenius ini untuk bekerjasama dengannya sebagai produser untuk album perdana Neurotic yang diberi judul "Weird".

Neurotic merilis single pertama “Surga Durjana” pada akhir tahun 2013. Selain itu beberapa versi remixSurga Durjana” dari musisi-musisi elektronik lokal juga dirilis setelah track-track rekaman dari lagu “Surga Durjana” dibagikan lewat situs soundcloud.com/neuroticina secara free untuk diremix.

Setelah merilis singleSurga Durjana” pada tahun 2013 dan juga telah menjadi brand ambassador lokal dari produk internasional VANS pada tahun 2013, Neurotic melepas single kedua “Aku Melangkah” pada bulan Februari 2014. Pada bulan Oktober 2014, Neurotic yang merupakan brand ambassador produsen alat musik internasional KORG, merilis album perdana “Weird”, diikuti dengan dirilisnya single ketiga “Sehabis Gelap Hilang Terbitlah Terang Datang”.

Album “Weird” menjadi salah satu “Album Indonesia Terbaik 2014” versi majalah Rolling Stone Indonesia. Selain itu Neurotic juga meraih nominasi Indonesian Choice Awards dari stasiun televisi masa kini NET TV pada kategori Breaktrough Artist Of The Year.

Pada bulan Juni 2015 single terakhir dari album “Weird” yang berjudul “Berwarna” dirilis. Sejak single ini dirilis, Neurotic hanya menampilkan Jones pada setiap publikasinya. Dan pada saat single ini dirilis, Neurotic sudah berada di studio rekaman untuk mengerjakan album kedua.

Contact :

Mauldex Neurotic

0813 191 000 39

mauldex@yahoo.com

www.neuroticmusic.com

www.soundcloud.com/neuroticINA

www.facebook.com/neuroticINA

www.instagram.com/neuroticINA

www.twitter.com/neuroticINA         

Foto: Neurotic Docs.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner