MV Review: Efek Rumah Kaca – “Fun Kaya Fun”

MV Review: Efek Rumah Kaca – “Fun Kaya Fun”

Sumber foto : Diambil dari instagram Efek Rumah Kaca @sebelahmata_erk

Lagi-lagi, setelah kejutan album terakhir Rimpang, melalui video musik “Fun Kaya Fun” ERK kembali menegaskan bahwa mereka merupakan salah satu band yang melintasi zaman

Seminggu lalu, algoritma di peron YouTube saya mengarah pada rilisan anyar milik Efek Rumah Kaca yakni video musik terbaru dari nomor terdepan “Fun Kaya Fun” dalam album Rimpang yang keluar setahun lalu. Dengan thumbnail yang menghadirkan Cholil dan sang musisi tamu Suraa (Cempaka Surakusumah), beserta kehadiran 3 karakter warna-warni yang sekilas saya kira badut menambah kesan pertama rasa penasaran saya yang spontan menyimaknya dari mulai detik pertama.

Masuk detik pertama, dengan latar sederhana bergradasi dua warna yang cukup bertabrakan antara merah muda dan biru lalu ditindih dengan gerak-gerik font estetik menuliskan judul lagu “Fun Kaya Fun” secara acak, seolah memberi bocoran tontonan selanjutnya yang nampaknya cukup sederhana dengan set studio yang dihiasi dinding dan lantai bergaris kotak-kotak menyala serupa neon berwarna biru terang.

Pada bagian intro lagu, gonta-ganti blocking-an antara 3 karakter warna-warni tadi dengan para penampil dan foreground sang drummer Akbar Bagus Sudibyo yang statis seakan memberi bocoran skenario selanjutnya. Dan tebakan dari naluri analisa gembel perfilman saya pun hampir mendekati, sepertinya konsep statis di depan dan pergerakan di bagian latar secara keseluruhan diarahkan sang sutradara Dian Tamara bersama Pancaran Sinema.

Sementara itu, saya pun cukup tercengang dan gagal fokus ketika memperhatikan gaya berpakaian yang dikenakan masing-masing personil ERK. Mereka tampil mengenakan pakaian warna-warni dengan warna atau corak yang cukup bertabrakan, entah itu Cholil dengan outer biru dongker dan kerah kemeja merah muda, ataupun Poppie Airil dengan kaos ‘longgar’ ber-pattern 3 warna dan celana polos merah menyala.

Adegan tiga karakter warna-warni tadi pun tak luput dari mata dan perhatian saya. Dua karakter yang hampir sama ditutupi rumbai-rumbai tali yang dominan berwarna biru menari abstrak mempresentasikan makna dari lagu “Fun Kaya Fun” ini yang mengusung tema cheerfully. Pun dengan satu karakter yang berwarna merah muda, kepala bulat tidak sempurna dan berompi hijau yang sesekali menari dengan gerakan patah-patah mengikuti alur dan tempo dari lagu.

Terdapat salah satu bagian gambar menjelang akhir video yang saya rasa cukup familiar, visualisasi pada bagian outro yang meletakkan wajah di posisi tengah kemudian disinari dari arah bawah lalu potongan wajah-wajah yang serupa melingkari objek di tengah. Meski tidak sama persis dari segi konsep maupun pengambilan gambar, namun gambaran besarnya cukup familiar dengan salah satu bagian yang ada dalam video klip “Bohemian Rhapsody” milik Queen.

Secara keseluruhan, tentunya visualisasi yang disuguhkan dalam video musik “Fun Kaya Fun” ini telah merepresentasikan makna, isi dan tema lagu. ERK bersama seluruh tim kreatif dan tim produksi yang terlibat telah berhasil mengeksekusi ini dengan sangat baik. Dan mungkin satu hal yang paling penting, video musik “Fun Kaya Fun” digubah dengan suasana yang cheerfully menambah nuansa terbaru gaya bermusik dari ERK.

Lagi-lagi, setelah kejutan album terakhir Rimpang, melalui video musik “Fun Kaya Fun” ERK kembali menegaskan bahwa mereka merupakan salah satu band yang melintasi zaman, melebarkan spectrum musikal dengan elemen-elemen terbarukan, namun tetap dalam koridor formula pop alternatif simpel ala mereka.

BACA JUGA - Song Review: Lomba Sihir – “Selamanya”

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner