Lima Konser Tematik Yang Pernah Digelar Di Bandung (Bagian Pertama)

Lima Konser Tematik Yang Pernah Digelar Di Bandung (Bagian Pertama)

Beberapa band yang sadar betul akan pentingnya sajian visual dalam konsernya, membuat hal-hal tematik yang menarik. Simak daftarnya berikut ini

Sebuah area konser adalah ‘medan perang’ bagi seorang musisi atau band, yang menyajikan karya dalam bentuk pertunjukan. Sebagus apapun seorang musisi atau band meramu musik, tidak akan disebut ‘sempurna’, jika apa yang mereka buat di dapur rekaman tidak dipresentasikan dengan baik di atas panggung. Hal-hal teknis tentang olah tata suara di atas panggung tentunya menjadi perhatian utama bagi setiap band yang menggelar konser. Namun tidak hanya aspek itu saja, karena pada perkembangannya beberapa band juga sadar betul pentingnya sajian visual, yang punya nilai estetika dalam sebuah pertunjukan.

Beberapa band yang sadar betul akan pentingnya sajian visual dalam konsernya, membuat hal-hal tematik yang menarik. Ini kemudian menjadi penting, karena konsep tematik tadi membangun atmosfir, yang menguatkan lagu-lagu yang mereka sajikan. Layaknya sebuah vidio musik, sebuah lagu akan terasa lebih kuat jika dibangun dengan unsur lain di luar musik itu sendiri, sebagai upaya membentuk ‘ruh’ dalam sajian musik. Kolaborasi audio visual yang terbentuk dari hal-hal tematik ini bisa jadi sajian ciamik, kala itu ditangkap ratusan pasang mata yang menangkapnya, baik secara telanjang maupun dalam lensa kamera. DCDC menuliskan lima konser tematik, yang pernah di gelar oleh band-band independen yang ada di Bandung. Simak daftarnya berikut ini :

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner