Lima Band Yang Mengangkat Televisi Sebagai Tema Lagu (Bagian Kedua)

Lima Band Yang Mengangkat Televisi Sebagai Tema Lagu (Bagian Kedua)

DCDC merangkum lima band yang mengangkat televisi sebagai sebuah tema dalam lagunya. Siapakah saja mereka? Simak daftarnya berikut ini. (Bagian kedua)

Pada perkembangannya, televisi menjadi sebuah industri, dengan segala macam bentuk, dari mulai sumber berita sampai hiburan. Keberadaannya menjadi satu hal menarik, ketika itu menjadi inspirasi penulisan lirik pada karya musik. Lewat isian lirik yang bercerita tentang televisi, band-band berikut ini hadir dengan sudut pandang masing-masing, memaknai televisi ke dalam bentuk lagu. DCDC merangkum lima band yang mengangkat televisi sebagai sebuah tema dalam lagunya. Simak daftarnya berikut ini

Selenoid – Layar Kaca Minus Etika

Selenoid hadir sebagai band, yang punya muatan lirik berwacana, dengan segala macam retorika dan wacana menarik dalam lagunya. Salah satunya adalah lagu yang berjudul “Layar Kaca Minus Etika”. Sebuah lagu yang sarat akan kritik terhadap kotak audio visual bernama televisi. Mereka mencurahkan keresahan mereka terhadap penyalahgunaan frekuensi publik, oleh segelintir orang dibalik perusahaan televisi swasta, yang minim edukasi, dan malah hadir dengan suguhan ragam gimmick pembodohan bagi banyak orang. Lagu ini seakan menjadi episode lanjutan dari apa yang disuarakan Navicula, lewat lagu mereka yang berjudul “Televishit”. Kedua lagu itu punya keresahan yang sama tentang tontonan yang tidak bisa menjadi tuntunan. Lagu yang bercerita tentang televisi hari ini, dimana etika telah dibuang jauh, baik dari cara mereka menyajikan tayangannya, ataupun cara mereka membuat doktrin, yang membuat banyak orang mundur seribu langkah ke belakang.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner