Lima Band Lokal Rasa Jepang

Lima Band Lokal Rasa Jepang

Beberapa musisi atau band di Indonesia cukup banyak yang tertarik mengadaptasi musik popular dari Jepang, dari mulai musiknya sampai penampilannya.

Sebagai sebuah negara, Jepang hampir seperti sebuah utopia, di mana keberadaannya seakan memfasilitasi imajinasi banyak orang untuk diubah menjadi kenyataan di negara itu. Jepang banyak menciptakan keajaiban dengan kemajuan teknologinya. Uniknya, meskipun negara ini sudah sangat maju, budaya dan tradisinya tidak lantas menjadi hilang begitu saja. Mereka memelihara kekayaan khasanah budaya mereka menjadi satu aset yang menarik minat banyak orang untuk datang ke sana, atau bahkan memancing orang untuk mempelajari seluk beluk tentang Jepang.

Tak terkecuali soal musik. Musik popular di Jepang terbilang unik dengan berbagai pengembangan yang mereka ciptakan, namun tetap “rasa” Jepangnya masih begitu melekat. Misalnya saja, dengan adanya sebuah genre musik Japanese rock. Meskipun secara teknis bermusiknya masih menampilkan musik rock yang lazim didengarkan, namun aksen dan cara mereka mempresentasikan musik rock itu sendiri berbeda dengan apa yang musik rock dari barat tawarkan. Cara mereka bernyanyi dan memilih notasi lagu begitu otentik dan sulit disamai oleh musisi lain di luar negara Jepang.

Indonesia menjadi satu negara yang tidak luput terkena imbas budaya popular dari Jepang. Kita bisa menyebutkan dengan mudah apa-apa saja hal popular yang berasal dari Jepang, dari mulai anime, makanan, sampai musik. Bicara soal musik, beberapa musisi atau band di Indonesia pun cukup banyak yang tertarik mengadaptasi musik popular dari Jepang tersebut. Tidak hanya musiknya, namun secara penampilan juga mereka adaptasi ke dalam gaya berbusana mereka. Bisa dibilang, pada akhirnya ini melahirkan budaya baru yang kita sebut saja Jepang rasa Indonesia. Yang cukup membanggakan, beberapa dari mereka diakui oleh Jepang secara musikalitas, yang notabenenya adalah negara yang memberi pengaruh mereka dalam bermusik. 

Siapa saja band-band Indonesia yang mengadaptasi gaya bermusik Jepang ke dalam band nya?

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner