Kenapa Album Vinyl kembali digemari?

Kenapa Album Vinyl kembali digemari?

Sebuah survey mengatakan bahwa penjualan album Vinyl mengalami peningkatan sejak pertengahan tahun 2012 bahkan sampai dengan bulan oktober tahun ini saja peningkatan penjualan album vinyl di Inggris mengalami peningkatan sebanyak 2x lebih banyak.

Jadi sebenarnya apa sih alasan album vinyl kembali dicari pecinta musik?

Survey BPI (Behavior Problems Index) mengatakan bahwa kebanyakan dari penikmat album vinyl itu sendiri berkisar di usia 16-44 tahun. Dalam range usia ini kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa "proses pemutaran vinyl lebih mengasyikan dibanding memutar mp3". Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa popularitas me-download mp3 sampai dengan saat ini masih sangat tinggi. Tapi yang kita bicarakan disini adalah "kepuasan", brad...

Selain itu penjualan vinyl terbanyak tidak hanya album-album klasik. Kita bakalan terkejut kalau ternyata penjualan album vinyl terbanyak kebanyakan dari album-album band "masa kini" (sebut saja Daft Punk, Arctic Monkey, dan David Bowie).

Survey BPI juga mengatakan bahwa penikmat album vinyl di usia 16 tahun hanya menyukai design dari cover album tersebut (asumsikan bahwa mereka lebih tertarik memiliki koleksi yang berupa fisik dibanding versi digital) sedangkan usia 45 tahun mengatakan bahwa hasil rekamannya lebih bagus (emang bener ya?). Sebanyak 4% penikmat album vinyl justru tidak punya alat pemutar vinyl (lah? kok bisa?), jadi asumsinya adalah sebanyak 20,000 album vinyl dibeli hanya sebagai pajangan/koleksi di kamar saja.

Jadi jangan heran jika nanti kepingan CD mengalami evolusi (menjadi lebih kecil dari ukuran sekarang) kita masih akan menemukan sekelompok orang yang membawa/mempunyai kepingan hitam besar entah sekedar dipajang di tembok kamarnya atau memang untuk diputar.

penulis adalah seorang pecinta ebisumuscats!
(kontributor www.djarumcoklat.com)

sumber survey : www.bpi.co.uk
sumber berita : dari berbagai sumber

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner