Inspirasi dalam Musik, Dicari atau Ditunggu?

Inspirasi dalam Musik, Dicari atau Ditunggu?

Menjadi musisi juga berarti menghasilkan sebuah karya yang "baik" dan "bisa diterima". Butuh inspirasi dalam membuat karya. Darimana inspirasi tersebut bisa hadir?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, makna "inspirasi" adalah "ilham". Dalam penjelasan menurut kamus, "ilham" adalah sesuatu yang menggerakan hati untuk mencipta. Dalam dunia musik, inspirasi atau ilham adalah salah satu bagian dari proses dalam penciptaan karya. Semua karya yang telah tercipta berawal dari sebuah inspirasi. Musisi adalah seorang individu sekaligus makhluk sosial. Semua hal yang dilakukan berkaitan dengan sebuah struktur sosial yang rumit. Apa yang telah dan sedang dilakukan berdampak secara langsung terhadap struktur tersebut.

Sebagai sebuah proses awal penciptaan karya, proses ini menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Ibarat seorang koki yang bermaksud memasak sebuah menu, maka inspirasi adalah bahan mentah yang harus disiapkan dengan baik. Semua inspirasi yang datang berasal dari hasil interaksi yang terjadi dalam struktur sosial melibatkan antar individu atau kelompok. Namun, ada kalanya inspirasi muncul ketika musisi tersebut merasa terpisah dari struktur sosial dan menciptakan dunia sendiri lewat imajinasi yang dikembangkan.

Tidak jarang bagi sebagian musisi kesulitan untuk mendapatkan inspirasi. Apalagi, jika musisi tersebut telah berkarir sangat lama dan menghasilkan banyak karya. Dia merasa telah melakukan banyak eksplorasi lewat inspirasi yang telah dia dapat. Dia merasa telah mengekspresikan dan menceritakan semua hal lewat karyanya. Semua musisi selalu ingin menghasilkan karya yang berbeda untuk setiap karya baru yang mereka hasilkan. Mereka tidak mau menciptakan karya baru dan terjebak dalam pola pengulangan dalam setiap karya yang dihasilkan.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner