Do's and Don'ts untuk Vokalis Musik Ekstrim Versi Addy Gembel

Do's and Don'ts untuk Vokalis Musik Ekstrim Versi Addy Gembel

Sumber foto: Official Facebook Fanpage Forgotten (@666forgotten666), diambil oleh Asep Budiman.

Catat poin-poin penting untuk para vokalis musik ekstrim sebelum tampil di atas panggung!

Musik ekstrim (metalhardcorepunk, dan lain-lain) seringkali disebut dengan istilah "musik keras". Istilah ini mengacu pada makna konotasi maupun denotasi. Bicara tentang konotasi, banyak yang bisa disenggol dalam penggunaan istilah "musik keras" sebagai penyebutan dari musik ekstrim, seperti pemilihan lirik yang sarkas, kasar, gelap, atau frontal. Bisa juga dilihat dari permainan alat musik yang cepat, intens, dan rumit. Beralih pada makna denotasi, karena mayoritas musik ekstrim ditunjukkan dengan vokal berteriak, gitar sarat distorsi, permainan bass yang padat, atau teknik memukul drum yang powerful, maka jelas musik ekstrim memang musik yang keras dan "berisik".

Berangkat dari musik yang dihasilkan, maka band-band yang menganut aliran ini perlu merepresentasikannya dalam bentuk visual, aksi panggung salah satunya. Hal ini dilakukan agar esensi dan energi dari musik atau lirik yang mereka ciptakan dapat tersampaikan dengan baik kepada penonton. Tak jarang, para musisi musik ekstrim ini menjelma menjadi makhluk beringas di atas panggung. Contohnya, tonton salah satu panggung live dari The Dillinger Escape Plan dan coba bayangkan jika mereka tampil semanis One Direction. Apakah... Ya sudah tidak usah dilanjutkan.

Meskipun panggung musik ekstrim terlihat sebagai arena bersenang-senang untuk para penggiatnya, tetap ada beberapa hal yang ternyata harus menjadi catatan agar aksi panggung mereka tidak terkendala. Tanpa mengesampingkan peran personil yang lain, vokalis adalah tonggak terdepan dalam suatu band. Vokalis menjadi "wajah" dari band itu sendiri. Otomatis, performa sang vokalis memang harus prima, baik dari suara maupun aksi panggung agar penampilan band tersebut bisa maksimal.

Salah satu band ekstrim paling brengsek di negeri ini, Forgotten memiliki aksi panggung yang tidak kalah menarik, terutama bicara tentang kebiasaan front-man yang tampil dengan enerjik, diperkuat dengan kalimat-kalimat kontroversial. Sang vokalis, Addy Gembel memberi beberapa tips untuk para vokalis musik ekstrim tentang beberapa hal yang harus dan tidak boleh dilakukan berkaitan dengan aksi panggung agar eksekusi di depan penonton dapat berjalan dengan maksimal dan energi dari band tersebut benar-benar tersampaikan dengan optimal.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner