DCDC Music Chart - #3rd Week of August 2021

DCDC Music Chart - #3rd Week of August 2021

Masuk minggu ketiga bulan Agustus tahun 2021, music director dari DCDC Radio, Angga Kusuma (Asiaminor, Taring) kembali memilih dan mengulas lima band DCDC ShoutOut! untuk masuk di jajaran DCDC Music Chart. Siapa saja yang ada di daftar minggu ini? Mari disimak karya-karyanya!

Tokyolite - "Never Want"

Lagu "Never Want" dari Tokyolite dipilih oleh music director untuk DCDC Radio di DCDC Music Chart kali ini. Tokyolite adalah unit asal Bogor yang mencampurkan berbagai aliran musik, seperti funk, rock, pop, alternative bahkan sedikit sentuhan sound grunge. Potensi dan kemampuan mereka di bidang musik bahkan sudah mengantarkan mereka untuk melaksanakan tur internasional. Hal tersebut tentu bisa jadi salah satu tolak ukur bahwa mereka pantas mendapat perhatian lebih di industri musik independen.

 

Ronaswara - "Antara Hujan"

Kali ini, kita bergeser sedikit ke kota Garut. Ada Ronaswara, kuintet folk pop yang berhasil mencuri perhatian sang music director. Secara musik dan produksi, "Antara Hujan" dianggap bisa mewakili kualitas yang dimiliki Ronaswara di karya-karyanya yang lain. Padanan vokal, gitar, saksofon dan drum berhasil berpadu dengan cantik, tidak berlebihan dan memberi efek menenangkan bagi siapapun yang menikmati lagu tersebut.

 

Missa Solomnis - "Unsweeten Cotton Candy"

Missa Solomnis adalah band yang dibentuk sejak tahun 2015. Pengaruh Arctic Monkeys dan The Last Shadow Puppets terdengar cukup jelas di karya mereka, utamanya di lagu berjudul "Unsweeten Cotton Candy" ini. Secara musik dan pola vokal, lagu ini bisa jadi pilihan untuk Coklatfriends yang menyukai musik-musik easy listening. Artinya, memang tidak sulit untuk bisa menyukai lagu ini, dengan aransemen yang terdengar ringan dan bisa cocok di segala suasana.

 

Toean Nyonya - "Cintaku Bukan Untuk Kau Sakiti"

Duo Toean Nyonya memilih segala sesuatu yang bertema tempo doeloe sebagai konsep musiknya. Ini jadi menarik mengingat kebanyakan band lebih memilih untuk mengedepankan unsur-unsur yang modern. Judul semacam "Cintaku Bukan Untuk Kau Sakiti" juga bisa dianggap identik dengan judul yang dipakai di lagu-lagu lawas. Namun yang membuat mereka makin menarik, musik Toean Nyonya tetap bisa dinikmati di masa kini, utamanya lewat penggarapan sound yang tetap mengacu pada standar hari ini.

 

Hangat - "Teman"

Band bentukan 2018 ini diisi oleh sekumpulan kawan di masa Sekolah Dasar yang bertemu kembali di masa dewasa. Sepakat untuk memilih nama 'Hangat', mereka mencoba menjadi unit yang berdiri sendiri; tidak ingin terkesan "sedingin" band-band independen saat ini dengan lirik yang terlalu filosofis, dan tidak juga sepanas band-band yang bernaung di bawah label yang penuh tuntutan, persaingan dan pencapaian target. Apa yang mereka maksud? Silakan simak di karya mereka yang berjudul "Teman"!

 

DCDC Radio mengudara setiap hari dan DCDC Music Chart akan diperbarui setiap minggu. Pantau terus DCDC Radio dan DCDC Music Chart dan dengarkan karya dari band-band independen berkualitas di tanah air. Daftarkan juga band kalian di DCDC ShoutOut! dan dapatkan kesempatan di berbagai program milik DCDC!

BACA JUGA - DCDC Music Chart - #2nd Week of August 2021


DCDC RADIO MUSIC DIRECTOR

ANGGA KUSUMA (minorstrings@gmail.com)

Angga Kusuma atau yang lebih akrab dipanggil Angga adalah seorang musisi independen yang berasal dari kota Bandung. Ia aktif sebagai gitaris di berbagai proyek musik, seperti di Asiaminor, Taring dan Janevalla.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner