CD Review: Sinleto dan Nuansa Pop-Rock dalam Seroja

CD Review: Sinleto dan Nuansa Pop-Rock dalam Seroja

Mini album Seroja ini berisi enam buah lagu, yaitu “Seroja”, “It’s You”, “Inner Peace”, “Colourful Tonight”, “Leaving on A Jet Plane” (cover dari lagu milik John Denver), dan “Tentang Hal Kecil” (Demo Version). Secara berurutan, saya mendengarkan lagu dari band asal Surabaya yang diperkuat oleh Dwi Pramono (Vokal, Gitar, Keyboard), Rikzy Yudhistira (Gitar, Ambient), Johanes Joe (Bass), dan Thariq Marten (Drum). Secara kesimpulan, album ini merupakan kombinasi dari aliran indie pop-rock, yang juga dipadukan dengan nuansa shoegaze, ambient, bahkan menyisipkan pola-pola ala post-rock di beberapa bagian.

Jika saya harus menyebut lagu favorit saya di Seroja dari segi musikalitas, maka saya akan memilih “Colourful Tonight”. Menurut saya, lagu ini memiliki pola musik yang paling berbeda jika dibandingkan dengan kelima lagu lainnya. Sinleto agaknya berani bereksplorasi lebih dan karakter vokal dari Dwi Pramono terdengar padu ketika lagu ini memasuki bagian yang cukup kencang dan disisipi sedikit teriakan. Namun, secara lirik dan pelafalan kalimat, saya 99% lebih menyukai Sinleto dalam Bahasa Indonesia.

Ketika mendengarkan Seroja, saya merasa memasuki satu wahana, dimana lagu demi lagu dapat berubah karakter dan cukup signifikan. Beberapa lagu didominasi dengan pola yang tenang, dan lagu lainnya mengadaptasi pola yang semi upbeat. Lalu, perubahan nada minor dan mayor pun seringkali ditemui dan saling ambil alih bagian. Secara utuh, Seroja cukup menyenangkan untuk didengar, tetapi sebenarnya Sinleto dapat menciptakan materi musik yang jauh lebih matang. Pekerjaan rumah Sinleto pun ada di karakter yang mereka buat, agar pendengar mudah mengidentifikasi dan menemukan seberapa istimewanya Sinleto dengan lebih jelas.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner