Vlog Musik, Perpaduan Inovasi dan Blog

Vlog Musik, Perpaduan Inovasi dan Blog

Perkembangan teknologi membuat kita kian mudah mengakses informasi. Pelbagai inovasi memungkinkan kita mudah mengunggah beragam informasi agar bisa dinikmati oleh semua orang. Salah satu perkembangan teknologi, terutama di dunia informasi, membuat kini akses informasi menjadi kian demokratis. Siapa pun dapat menyebarkan informasi tanpa terkecuali. Perubahan yang paling terasa dampaknya dengan teknologi informasi salah satunya di bidang media. Mengutip istilah dari Marshall McLuhan, bahwa perubahan dari suatu teknologi akan mengubah juga efek media dan masyarakatnya.

Media musik – atau juga jurnalisme musik – sebagai bagian dari proses penyebaran informasi tentang musik turut pula berkembang seiring dengan perkembangan teknologinya sendiri. Kehadiran webzines/blog menjadi bukti bahwa informasi soal musik bukan hanya milik media musik mainstream semata. Sebagian para blogger justru dapat menggali informasi seputar band/album yang tidak banyak diangkat oleh media musik mainstream. Melalui beragam platform (blosgpot, wordpress, pinterest, tumblr, dll) kita sering menemukan ulasan-ulasan yang menarik.

Saat ini yang sedang berkembang yaitu vlog musik atau video blogging tentang musik. Vlog musik ini memang belum terlalu se-fenomenal blog musik. Informasi seputar band kesayangan kini dapat lebih mudah kita ikuti melalui vlog ini. Brenna Erlich dalam Mashable.com pernah menulis artikel tentang vlog musik ini. Dia membuat daftar berita-berita musik di Youtube yang paling keren dan menarik. Dari yang ditampilkan dalam daftar-daftar itu, vlog musik yang ada di Youtube menampilkan ulasan-ulasan personal, berupa review album/band. Namun, ada pula beberapa vlog yang berfokus pada mini-dokumenter band. Rasanya ke depan ini vlog musik ini yang akan berkembang. Karena formatnya yang memang lebih mudah diakses dan menghibur.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner