Reggae Nations : Wadahnya Komunitas Reggae

Reggae Nations : Wadahnya Komunitas Reggae

Reggae ...  merupakan salah satu jenis aliran musik yang sedang digandrungi anak muda. Terbukti dengan maraknya event yang diselenggarakan beberapa komunitas musik yang menganut genre ini. Di Bandung, ada sebuah radio yang mempunyai program khusus bernama “Reggae Nations”. Djarumcoklat.com berkesempatan untuk mewawancarai Sony Sonjaya atau biasa dipanggil “Om Bebek” yang merupakan Presiden dari “Reggae Nations” ini.

Reggae Nations sebenarnya merupakan sebuah program Radio SE 88.1 FM Bandung yang bertujuan untuk mewadahi musisi-musisi lokal yang beraliran “jamaican sound”. Program ini dibuat karena Om Bebek ingin mengangkat komunitas penikmat musik reggae yang selama ini dimarjinalkan oleh publik, tak jarang masyarakat memandang penganut aliran musik reggae ini sebagai pemuja berhala, sesat dan bahkan diidentikkan dengan pengkonsumsi ganja.

Menurut Om Bebek, Reggae Nation bertujuan mengedukasi publik. Bahwa jangan dibuat linear penikmat musik reggae dengan ganja atau ritual-ritual rastafara sebagai agamanya Robert Nesta Marley. “kami  hanya orang-orang yang ingin menikmati musik dengan meminjam semangat perdamaian, karena reggae itu liriknya sangat humanis, cinta damai bahkan sangat cinta alam” tambahnya.

Reggae Nations sendiri diresmikan pada Tanggal 25 April 2012 bertempat di Roots Branch Cafe. Acara yang melibatkan beberapa komunitas reggae Bandung ini juga terjadi deklarasi dengan tiga poin diantaranya Cinta damai, cinta Indonesia dan alamnya serta cinta orang tua.

Program Reggae Nation Radio SE 88.1 FM Bandung ini sudah berjalan, kumpul bersama setiap hari kamis di radio SE. Audience dapat memberikan saran atau request lagu dengan follow dan mention @Reggaenation881. Intinya Reggae Nations ini ingin mewadahi musisi lokal, khususnya di Bandung untuk mendorong mereka tetap berkarya dengan kualitas recording yang baik walau secara indie label dan disiarkan di program Reggae Nations.

Harapan sederhananya, bahwa Reggae Nations hanya trigger dan lahirlah komunitas-komunitas lainnya yang mencintai reggae. Dalam Reggae Nations terdapat berbagai komunitas dengan nama mereka masing-masing, seperti Smile Soul Reggae Roots, Soul on Me, Warla, dan Southern Reggae Community.

Om Bebek hanya ingin Reggae Nations ini hidup mengalir dan membumi. Harapan berikutnya event reggae tidak dipersulit baik itu oleh pihak aparat maupun LSM ormas keagamaan, “apabila memungkinkan kami akan membuka forum dialog dengan mereka sebagai bentuk edukasi publik. Karena edukasi publik itu bukan hanya untuk masyarakat saja, tapi termasuk aparat dan agamawan” katanya.

 

View Comments (2)

Comments (2)

  • sonibebek
    sonibebek
    25 Nov 2014
    hatur nuhuuuuun sudah support reggae natiuons
  • sonibebek
    sonibebek
    25 Nov 2014
    reggae nations
You must be logged in to comment.
Load More

spinner