Pengaruh Alunan Musik Bagi Kehidupan

Pengaruh Alunan Musik Bagi Kehidupan

By : Bintang Timur

Manusia, diharafiahkan sebagai makhluk sosial. Manusia sering menghabiskan waktu berekreasi, salah satu caranya dengan mendengarkan musik. Tanpa kita sadari, peranan musik dalam hidup kita sangat mempengaruhi gaya hidup manusia itu sendiri. Bisa kita ambil contoh gaya hidup dari musisi favorit, atau penyanyi sering sekali menjadi perhatian dari fansnya.

Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi pilihan musik seseorang.

Minat Musik.

Musik memiliki peran yang sangat signifikan dalam pembentukan ideology dan gaya hidup seseorang. Khususnya remaja, yang mayoritas memiliki sifat rasa ingin tahu yang tinggi, mendorong mereka untuk belajar memainkan instrumen setelah melihat atau mendengar musisi idolanya. Hal ini pun didukung dengan sokongan dari lingkungan dimana dia berada (rumah, sekolah, main dst). Selain itu kemampuan dan talenta yang dimiliki juga membantu keinginan dari minat musik seseorang untuk terus diasah.
Walaupun pada kenyataannya banyak sekali remaja memilihi jalur seni musik dan terus mengembangkan bakat yang mereka miliki, tidak jarang kehidupan glamour rockstar menjadi tujuannya. Tetapi hal ini bisa diakali dengan jalur musik apa yang ingin dikembangkan dan orientasi dari bermain musik itu sendiri ingin seperti apa. Tidak lupa, faktor orang tua juga sangatlah penting dan menjadi pondasi awal bagaimana remaja tersebut berkarir di dunia musik.

Kebiasaan.
Penelitian akan hal ini sebenarnya masih kurang valid. Dimana ketika seseorang mendengarkan musik yang mengandung unsur kekerasan akan cenderung mempengaruhi cara bersosial di kehidupan mereka. Juga unsur ‘seks’ pada musik yang didengarkan mampu mendorong seseorang untuk berlaku sama dengan yang ada di dalam musik tersebut (contoh : seks bebas).

Fashion.
Gaya berpakaian musisi, sudah pasti akan diikuti oleh para fans nya. Musisi menjadi trendsetter dan menjadi “Dewa-Dewi” bagi para penikmatnya dalam hal yang satu ini. Apapun yang dikenakan oleh musisi, otomatis digandrungi pula oleh fansnya. Tidak sampai disitu saja, mereka akan mencari tahu kebiasaan atau hal – hal yang menjadi favorit dari musisi mereka. Tak heran belakangan ini banyak muncul clothing atau industry pakaian yang dibuat langsung oleh musisi.

Kenapa bisa begitu?Hal ini dipacu oleh dorongan psikologis seseorang untuk tampil menarik di depan publik, sasarannya siapa lagi kalo bukan para remaja tanggung yang ingin meniru musisi idola nya.Bagaimana caranya agar hal ini tidak menjadi berlebihan?

Filter baik – baik apa yang memang pantas dikenakan, atau sesuai dengan norma – norma sosial di lingkungan anda.

Gaya Bahasa.
Era teknologi informasi yang semakin maju dan terus berkembang, memacu kita untuk terus bisa mengakses musik favorit dan musisi idola kita. Namun dengan adanya hal ini, kita harus lebih pintar untuk memilah – milah mana musik yang baik untuk kita. Selera musik seseorang mungkin berbeda, namun kembali lagi ke diri kita sendiri apakah lirik lagu yang terlalu vulgar, atau kosa kata yang tidak wajar harus kita adopsi ke kehidupan pribadi kita? Tentu tidak bukan.

Intinya adalah, Musik bisa berdampak positif ke kehidupan pkita atau malah sebaliknya.

Dari berbagai sumber

Foto : istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner