Nectura :

Nectura : "Kita Masih Dalam Proses Pencarian Tematik"

Sebuah grup musik bergenre metal asal Kota Bandung, Nectura mengabarkan akan segera merilis materi terbarunya. Terlebih saat ini Nectura telah memiliki salah satu penggebuk drum yang cukup potensial diranah musik metal tentunya bernama Abah Andris. Hengkangnya Abah Andris dari tubuh Burgerkill, ternyata disatu menjadi angin segar bagi Nectura yang kala itu Abah Andris pun langsung menggantikan posisi penggebuk drumnya yang juga hengkang pada saat itu.

Disamping itu, Nectura yang kini diperkuat oleh Owang (Vocal), Hinhin Agung ‘akew’ (Guitar), Abo (Guitar), Pringga Firdaus (Synch), Abah Andris (Drum) dan Aulia (Bass). Sebelumnya juga sempat merilis salah satu aplikasi software hasil kerjasamanya dengan pihak Appkilat.com, dalam aplikasi tersebut Nectura ingin lebih mendekatkan pada pendengar musik tanah air mengenai lewat informasi mengenai program musik yang kini tengah dijalankan.

BACA JUGA - Reportase : WMBI 2017 Mengukir Sejarah Perkembangan Ranah Musik Underground Tanah Air (Bagian 1)

Apa yang dirasakan oleh Nectura ketika ketika posisi drum telah diganti oleh Abah Andris ?
Yang pasti kerasa banget ada perubahan entah dari sosok atau segi musik Necutura sendiri setelah Abah masuk. Menurut kita, kehadirannya Abah dalam tubuh Nectura adalah suatu tenaga baru yang benar-benar punya pegaruh besar buat Nectura.

Bagaiaman pandangan Nectura mengenai acara WMBI 2017 ini ?
Bagi kita, acara ini positif banget. Kapan lagi Indonesia bisa muncul di ranah Internasional kalau tidak ada kesempatan seperti ini, Jadi ini momen yang baik dan harus ada yang ngedobrak pintu. Mungkin kebetulan memang, kita sih berharapnya nanti bakalan ada lagi. Kita juga sudah mempersiapkan diri yang cukup matang untuk acara ini, salah satunyay ang pasti dengan latihan rutin, sama fisik dan mental, sisanya berdo’a aja yang pasti.

Mungkin di personil Necutura Abah Andris sempat merasa atmosfer W.O.A di Jerman sana, lalu apa yang diberikan oleh Abah Andris pada Nectura perihal hal tersebut ?
Paling cuma sharing aja yang kemarin kita lakuin sama Abah kalau tentang W.O.A, kayak misalnya cuaca karena memang benar-benar ngaruh sama mental dan fisik juga kan. Kalau mislanya mental manggung, jangankan di Jerman, di lokal juga ada. Cuma yang benar-benar harus disiapin itu kita harus siap dengan cuaca disana, karena 3 derajat celcius itu bukan main terlebih kita dominan tinggal didaerah tropis. Hal-hal seperti itu aja yang harus diantisipasi.  

Nama Nectura mungkin sudah dikenal untuk diranah musik Bandung, apa saran dari Nectura untuk beberapa grup musik anyar saat ini ?
Yang pasti buat generasi baru gitu maksudnya, jangan takut untuk berkarya, terus dan jadi diri sendiri aja. Bikin karya dengan sejujur mungkin lah, dan nantinya masyarakat juga akan mengapresiasinya dengan lebih baik lagi juga. Sepengalaman Nectura dalam bermusik, potensi dari beberapa personil dalam sebuah band itu sangat penting menurut kami, dan setelah itu tahapan selanjutnya ya buatlah musik sejujur mungkin. Terus pemanfaatan media, menurut kita cukup penting sekarang kayak misalkan banyak media konvensional dan majalah atau televisi perlahan sudah mulai tergeser. Manfaatkan momen itu, kalau misalkan kita dengan membuat aplikasi, kita hanya untuk mendekatkan diri aja sama pendengar musik Nectura.

Apa alasan Nectura merilis sebuah software ?
Sebenarnya itu kita kerjasama dengan Appkilat.com. Jadi waktu itu memang butuh sebuah penyampaian pada pendengar musik agar mengaksesnya dengan lebih mudah dan kebetulan kita commitment-nya dengan Appkilat.com itu. Dalam aplikasi itu ada beberapa jadwal manggung kita, dan kabar lain tentang Nectura intinya walau sebenarnya aplikasi itu masih dalam tahap Building. Cuma walau demikian juga, aplikasi itu sudah membantu Nectura banget dalam menyampainkan program-program yang kita jalanin, dengan adanya itu pengaruhnya besar banget.

Progress terdekat Nectura sedang disibukan dengan apa ?
Yang pasti kita sekarang lagi proses untuk garap materi album dan masih ingin banyakin manggung dimana-mana. Untuk album terbaru kita nantinya rencana akan rilis tahun ini, cuma kita ambil pahitnya aja kalau tidak tahun ini dirilis, paling telat tahun depan lah. Proses kreatifnya masih sama seperti band-band lainnya, cuma kalau untuk tematik kita masih bingung untuk mencari yang cocok. Mungkin di album baru ini nanti, ada beberapa hal yang sama dengan tema yang ada dialbum kita sebelumnya. Sebenarnya kita sampai saat ini, ditambah kehadiran Abah Andris yang sangat membantu, Nectura masih mencari formula khususnya di album kedua nanti bakal seperti apa. 

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner