Musisi Indie di Balik Scoring Film

Musisi Indie di Balik Scoring Film

Bermusik tidak harus selalu disalurkan lewat bermain band dan merilis sebuah album. Jadi seorang film composer pun bisa jadi aktifitas bermusik yang menarik. Malah, banyak di antara musisi indie tanah air yang di tengah waktu sengganggnya bermain band, dimanfaatkan untuk side job atau malah main job untuk membuat film scoring atau film composer. Beberapa nama di bawah ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kalian yang ternyata mereka adalah composer film-film lokal yang siapa tau kita pernah tonton

Zeke Khaseli
Frontman dari band indie Zeke & the Popo dan LAIN ini tidak hanya menyalurkan minat bermusiknya lewat main band, pria bernama lengkap Harris Khaseli ini juga banyak melahirkan banyak karya di belakan layar sebagai pengisi musik film (scoring/composer) beberapa film yang pernah dia isi diantaranya Janji Joni, Kala, Fiksi, Rumah Dara, dan Macabre. Zeke juga berhasil memperoleh Piala Citra tahun 2008 untuk kerja kerasnya di film Fiksi.

Yudi Arfani
Ketika band lamanya, Everybody Loves Irene vacuum, Yudi Arfani mulai aktif mengisi beberapa scoring film seperti Macabre bersama Zeke Khaseli, Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, Soleram, Terang Malam, Kurung Manuk (Bird Cage), dan Pria ini berhasil meraih penghargaan di ajang Asia-Pacific Film Festival tahun 2013 untuk kategori Best Music bersama Zeke Khaseli untuk film Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, masuk nominasi Best Composer di ajang Asian Film Awards untuk film yang sama tahun 2014.

Aghi Narottama
Nama Aghi Narottama di skena musik indie mungkin tidak terlalu dikenal oleh khalayak luas, tapi percayalah, nama dia dikenal karena karya-karyanya menghasilkan banyak scoring untuk film-film seperti Berbagi Suami, Quickie Express, Pintu terlarang, Garuda di Dadaku 2, Negeri 5 Menara, A Copy of My Mind, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Aghi Narottama juga jadi salah satu staff pengajar di Indonesia Music Institute (Institut Musik Indonesia), dan pernah melakukan kolaborasi bersama SORE membawakan lagu berjudul Karolina tahun 2013 lalu.

Andhika Triyadi
Bermain bass untuk The Aftermiles (berganti nama jadi Zootemple), Andika Triyadi ternyata lebih banyak menghasilkan karya untuk film composer. Banyak film tanah air yang ternyata sudah pernah dia isi, seperti  Perahu Kertas, Perahu Kertas 2, Cinta Dalam Kardus, Laskar Pelangi 2 Edensor, 7 Misi Rahasia Sophie, 3600 Detik untuk Leon, Marmut Merah Jambu, Bajaj Bajuri The Movie, dan masih banyak lagi film lain yang pernah dia buat scoring film-nya.

Mungkin masih banyak nama-nama para musisi yang lebih aktif di balik layar yang tidak diketahui khayalak luas. Mungkin kalian ada nama-nama lain selain nama-nama yang sudah disebutkan di atas? Tinggalkan di kolom komen…

Foto:
Zeke Khaseli
Yudi Arfani
Aghi Narottama
Andhika Triyadi

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner