Manfaat Musik Tanpa Kita Sadari

Manfaat Musik Tanpa Kita Sadari

By : Setia Murni

Mendengarkan musik merupakan hiburan sederhana yang disukai berbagai lapisan usia. Selain menjadi hiburan pendengarnya, musik memiliki berbagai dampak luar biasa yang mungkin tidak disadari.

- Meningkatkan suasana hati

Sebuah penelitian tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan pada Nature Neuroscience, telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik favorit bisa membantu mencairkan suasana hati yang buruk, hal tersebut dapat terjadi karena ketika mendengarkan musik yang disukai, tubuh kita melepaskan hormon bahagia yaitu dopamin.

- Membantu lebih Fokus

Untuk kamu yang masih menganggap konsentrasi hanya bisa terbentuk ketika suasana sepi, pada kenyataannya tidak. Ada orang-orang yang dengan mendengarkan musik akan menjadi lebih konsentrasi.

Sebuah ‘tonic digital’ baru yang disebut Ubrain, yang bisa diunduh ke smartphone, diklaim bisa membantu orang untuk bisa fokus, berenergi, bangkit, serta bersantai.

Proses ini menggunakan dua ketukan yang berbeda pada tiap telinga, yang bertujuan untuk menciptakan sebuah binaural beat, yang dapat merangsang aktivitas tertentu di dalam otak.

Dengan membantu otak untuk menghasilkan gelombang tertentu, maka kita dapat menginduksi bagian yang berbeda dari kewaspadaan, tergantung pada tujuan apa yang akan kita lakukan. – jelas seorang psikolog klinis yang berbasis di Paris Brigitte Forgeot.

Jika kita merasa cemas atau stres, kita bisa mendorong korteks serebral diotak untuk menghasilkan gelombang frekuensi alpha yang lambat. Sementara di ujung skala lain, jika kita membantu korteks untuk menghasilkan gelombang beta cepat, kita akan lebih siap untuk berkonsentrasi dan memusatkan perhatian kita pada tugas yang cukup panjang.

Kemampuan berlari lebih lama

Ada niat untuk lari pagi namun gagal karena malas, mungkin lari pagi sambil mendengarkan musik yang tepat bisa jadi solusi mengatasi malasmu. Lagu terbaik untuk olahraga adalah lagu yang memiliki beat yang sesuai dengan tempo langkah kita berlari, karena bisa menghasilkan efek metronomic pada tubuh, yang memungkinkan kita mampu berlari lebih lama. Dan mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu kita bisa berlari lebih cepat.

Sebuah studi di Brunel University di London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebanyak 15 persen, membantu menurunkan persepsi usaha selama olahraga, serta meningkatkan efisiensi energi hingga satu atau tiga persen.

Melepaskan stres

Mayoritas orang mendengarkan musik ketika dalam perjalanan ke tempat kerja hal tersebut membantu mereka menghilangkan stres. Putarlah salah satu lagu favoritmu, karena itu bisa sangat menenangkan dan membantu mengurangi kecemasan.

Berdampak positif terhadap pasien

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik bisa membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Musik bisa sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam keadaan, di mana mereka telah kehilangan banyak kontrol terhadap lingkungan diluar mereka – misalnya mereka yang harus berada di rumah sakit untuk jangka waktu yang lama karena penyakit yang serius dan kurang bisa bergerak. Hal ini dapat memberikan rasa mengontrol kembali, serta menciptakan suasana pribadi yang tenang, dan menghalangi beberapa gangguan di sekitar pasien.

Beberapa hal diatas merupakan dampak lain dari mendengarkan musik, untuk itu baiknya musik yang dipilih untuk didengarkan disesuaikan dengan keadaan dan aktivasitas yang dilakukan, agar efeknya tepat.

Dari berbagai sumber

Foto : Istimewa

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner